Daftar NPWP Online Mudah dan Cepat, Cuma Hitungan Menit

7/17/23, 9:25 AM
Daftar NPWP Online Mudah dan Cepat, Cuma Hitungan Menit

Bagi Anda yang ingin mengurus NPWP sekarang jauh lebih mudah. Anda bisa langsung daftar NPWP online dengan hanya menggunakan ponsel dan jaringan internet saja. Tidak perlu lagi repot-repot mengurus persyaratan dan pendaftaran ke kantor pajak.

NPWP sendiri merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam pengurusan pajak. Jadi, seorang Wajib Pajak harus memiliki NPWP untuk memudahkan pembayaran pajak.

Sekilas Tentang NPWP

Terkait NPWP sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 mengenai bagaimana Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan yang juga menjelaskan mengenai pembuatan NPWP.

NPWP sendiri merupakan nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk memudahkan Anda dalam mengurus administrasi perpajakan. Selain itu, NPWP juga berfungsi sebagai tanda pengenal dalam menuntaskan kewajiban dan hak perpajakan.

Apabila Anda sudah memiliki NPWP itu artinya Anda harus membayar pajak tepat waktu karena lewat NPWP tersebut, kantor perpajakan akan memantau segala aktivitas Anda. Seperti apakah Anda sudah membayar pajak atau belum.

Fungsi Memiliki NPWP

Sebelum membahas mengenai bagaimana tata cara daftar NPWP online beserta persyaratannya penting untuk mengetahui apa saja fungsi dari NPWP. Berikut ini penjelasan mengenai fungsinya.

1. Melamar Pekerjaan

Fungsi pertama adalah untuk membantu Anda dalam melamar pekerjaan. Sekarang banyak perusahaan yang mengharuskan pegawainya untuk memiliki NPWP. Fungsinya adalah sebagai kelengkapan data administrasi kantor.

Tidak heran jika banyak orang yang masih bingung terkait dari NPWP ini karena sebelumnya tidak pernah memilikinya. Ketika Anda sudah memiliki NPWP itu artinya perusahaan akan membayar gaji dan memotongnya untuk membayar pajak.

2. Terhindar dari Tarif Pajak yang Tinggi

Manfaat apabila Anda melakukan daftar NPWP online adalah agar terhindar dari tarif pajak yang tinggi. Kartu ini sangat menguntungkan bagi banyak pihak karena apabila Anda tidak memilikinya maka beban pajaknya semakin tinggi.

Biasanya, Wajib Pajak akan dikenakan potongan sebesar 20% dari gaji untuk membayar pajak. Namun apabila Anda tidak memiliki NPWP maka potongannya akan lebih besar. Jadi, kalau ingin melamar pekerjaan pastikan sudah memiliki kartu NPWP dulu ya!

3. Terhindar dari Sanksi Pidana

Fungsi berikutnya adalah agar terhindar dari sanksi pidana karena tidak memiliki NPWP. Sanksi pidana diberikan kepada masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif namun belum memiliki NPWP. Sanksi pidananya adalah minimal 6 bulan penjara.

Daftar NPWP Online

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan NPWP dan fungsinya berikut ini tata cara pendaftaran NPWP secara online beserta persyaratan yang harus Anda penuhi.

1. Cara Daftar NPWP Online

  • Buat akun terlebih dahulu
  • Buka website kantor pajak resmi di pajak.go.id/
  • Cari menu pendaftaran NPWP
  • Kemudian klik tulisan daftar lalu isi data yang diminta
  • Nantinya akan muncul link verifikasi ke alamat e-mail kemudian isi captcha
  • Tunggu sampai proses aktivasi selesai baru isi data lagi secara lengkap dan teliti
  • Klik tulisan daftar
  • Anda sudah berhasil membuat akun
  • Kemudian login lalu cari menu pendaftaran NPWP
  • Isi data lagi lalu centang pada kolom pernyataan
  • Simpan data diri kemudian minta token dan submit
  • Terakhir adalah proses verifikasi yang dikirim langsung melalui e-mail

2. Persyaratan Daftar NPWP Online

Persyaratannya sangat mudah yaitu cukup menyediakan kartu identitas saja yaitu KTP untuk WNI. Sedangkan untuk warga asing wajib membawa paspor, kartu keluarga, surat perpajakan dari luar negeri, dan surat pernyataan pengajuan NPWP.

Bagaimana mudah sekali bukan daftar NPWP online? Caranya cepat sehingga Anda bisa mendaftar dari mana saja.