Aplikasi E Wallet – Kelebihan serta Kekurangannya

7/17/23, 2:53 PM
Aplikasi E Wallet – Kelebihan serta Kekurangannya

aplikasi e wallet sekarang sudah sangat bervariasi. Sehingga masyarakat dapat memilih e-wallet apa yang akan mereka gunakan. Beberapa dari mereka menggunakan satu sampai dua aplikasi, namun ada juga dari mereka yang mempunyai seluruh aplikasi e wallet.

Kemudahan transaksi melalui e wallet ini adalah alasan utama bagi para penggunanya. Selain itu, ditambah maraknya belanja online yang akhir akhir ini menjadi suatu pilihan utama dibandingkan belanja online. Hal ini membuat e wallet menjadi sangat digemari.

Kelebihan aplikasi e wallet

  1. Berbelanja menjadi lebih mudah
    Kemudahan berbelanja di toko offline maupun online sangat terbantu sekali dengan hadirnya e wallet tersebut.
    Berbelanja melalui online, pastinya sangat membutuhkan suatu dompet digital. Namun, dalam berbelanja, membeli makanan, atau bertransaksi lainnya, para pemilik toko juga sudah mulai banyak menggunakan dompet digital tersebut sebagai metode pembayaran.
    Sehingga, kini pembeli sudah dapat menggunakan aplikasi e wallet untuk berbagai transaksi.
  2. Memudahkan mengirim uang
    Dahulu, sebelum adanya e-wallet masyarakat biasanya mengirim uang dari satu pihak ke pihak lainnya melalui bank atau ATM. Namun setelah adanya aplikasi e wallet, masyarakat dapat mengirim uang kapanpun dan dimanapun.
    Sangat mempersingkat waktu bukan? Inilah salah satu alasan beberapa masyarakat memilih menggunakan e wallet
  3. Tidak perlu membawa dompet kemana mana
    Adanya e wallet membuat barang bawaan menjadi lebih simple. Kemungkinan uang jatuh atau tercopet juga akan teratasi.
    Alasan inilah yang membuat masyarakat memilih cashless daripada membawa banyak uang pada saat diluar.
  4. Banyak promo
    Biasanya berbagai outlet makanan, fashion, atau lainnya memiliki berbagai promo dengan syarat dan ketentuan menggunakan metode pembayaran e wallet tertentu.
    Siapa sih yang tidak menginginkan sebuah diskon? Pasti semua orang akan memburu diskon tersebut. Lagi lagi aplikasi e wallet menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk bertransaksi.
  5. Adanya Riwayat transaksi
    Riwayat transaksi memudahkan kita untuk mencatat berbagai pengeluaran atau juga bisa sebagai bukti pembayaran.
    Hal ini akan terasa lebih unggul dibandingkan pembayaran cash. Karena dengan adanya e wallet, pengeluaran akan terasa jelas.

Kekurangan aplikasi e wallet

  1. Menjadi lebih konsumtif
    Sebenarnya poin kali ini mungkin tidak akan berlaku bagi Sebagian orang. Tetapi, Sebagian besar mereka mengaku bahwa dengan adanya e wallet, mereka menjadi lebih konsumtif dan tidak terkontrol dalam berbelanja.
    Mengapa hal ini terjadi? Karena adanya transaksi yang lebih cepat dan praktis, mereka menjadi lebih sering berbelanja online.
    Selain itu, dengan adanya banyak promo di berbagai outlet offline dengan pembayaran e wallet maupun online shop, membuat mereka membeli apa yang seharusnya tidak terlalu penting.
  2. Adanya biaya admin
    Transfer dari satu m-banking ke e wallet dan sebaliknya membutuhkan sebuah gerbang agar transaksi tersebut berhasil. Tentu saja, hal ini akan dikenakan biaya walaupun tidak terlalu banyak. Biasanya berkisar antara Rp 1.000 sampai Rp 2.500 tergantung e wallet masing masing.
    Sedikit sedikit lama lama menjadi bukit. Peribahasa itu lah yang mungkin dapat mewakili masalah ini. Walaupun memang terasa sedikit, bila dilakukan terus menerus pasti akan terasa banyak dan akan terasa banyaknya uang yang dikeluarkan hanya untuk membayar biaya admin.

Akhir kata, itulah kelebihan dan kekurangan dari aplikasi e wallet. Walau memang e wallet memiliki kelebihan yang lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya, namun hal ini akan terasa berbeda pada individu yang berbeda. Jadi, kamu sendiri bagaimana?