Pinjaman online OJK – Perbedaan dengan Pinjol Ilegal

7/17/23, 3:11 PM
Pinjaman online OJK – Perbedaan dengan Pinjol Ilegal

Pinjaman online OJK dapat anda gunakan sebagai tempat meminjam uang yang legal, aman, dan terpercaya. Tak seperti pinjaman online illegal lainnya, pinjaman online OJK memiliki bunga, peraturan, dan denda yang jelas.

Selain itu, dengan meminjam disuatu instansi yang berada dibawah pengawasan OJK membuat sang peminjam merasa aman Ketika mengambil pinjaman. Namun, pada dewasa ini, masih banyak masyarakat yang tidak dapat membedakan pinjaman legal dengan ijin OJK dan pinjaman online ilegal.

Nah, anda perlu mengetahui nih perbedaan pinjaman online OJK yang legal dan ilegal. Simak ulasan berikut ini!

Perbedaan pinjaman online OJK legal dan illegal

  1. Pinjaman online legal pasti terdaftar di data OJK, sedangkan pinjaman ilegal tidak
    Sebelum anda mengambil pinjaman dari sebuah agen, alangkah lebih baik anda memeriksanya apakah agen pinjol tersebut terdaftar pada website resmi OJK.
    Hal ini merupakan ciri ciri yang paling jelas dan paling mudah untuk memfilter pinjaman online ilegal dan yang legal.

  2. Pinjaman ilegal tidak memiliki alamat dan informasi yang jelas
    Berbeda dengan pinjaman online legal, pinjol ilegal ini tidak memiliki transparansi dalam sebuah transaksi peminjaman.
    Pinjol ilegal biasanya tidak memiliki informasi yang jelas mengenai suku bunga serta denda yang tidak jelas. Mereka cenderung akan melakukan penindasan, kekerasan, serta ancaman bagi para peminjam yang tidak dapat membayar pinjaman tepat waktu.
    Selain itu, untuk melindungi dirinya, para pinjol ilegal ini juga tidak memiliki identitas pengurus yang jelas serta alamat yang tidak pasti. Mereka cenderung akan memberikan pinjaman dengan mudah tetapi tanpa memberikan identitas agen pinjol yang jelas. Namun, mereka akan meminta paksa informasi dan identitas peminjam sampai ke akar akar nya.

    Sebaliknya, untuk pinjaman online dengan ijin OJK, mereka akan memiliki informasi yang jelas seperti bunga dan denda, serta dapat diakses pada website masing masing agen pinjol. Peminjam pun juga akan merasa aman dengan adanya transparasi tersebut.

  3. Pinjaman online legal memiliki layanan pengaduan, sedangkan pinjol ilegal tidak
    Bagi seluruh usaha jasa pelayanan tentunya akan membutuhkan customer service atau layanan pengaduan yang berfungsi untuk membantu pelanggan apabila dalam sebuah kesulitan yang berhubungan dengan jasa yang mereka sediakan.
    Namun, hal ini berbeda dengan pinjaman online ilegal, mereka tentu saja tidak mau membayar untuk memperkerjakan seseorang untuk memenuhi dan membantu pelanggannya. Bahkan mereka sendiri tak segan segan untuk menagih dengan paksa uang yang mereka pinjamkan.

  4. Pinjol ilegal melakukan promosi melalui SMS atau jaringan pribadi
    Biasanya, para agen dengan usaha jasa pelayanan tidak pernah menggunakan jaringan komunikasi pribadi untuk melakukan sebuah transaksi. Terlebih lagi dalam peminjaman uang yang tidak sedikit.

    Bahkan, jika anda meminjam uang di bank pun akan memiliki banyak syarat dan ketentuan serta proses yang Panjang. Sedangkan pinjol ilegal tidak akan melakukan hal tersebut. Mereka biasanya akan melakukan transaksi melalui jaringan komunikasi pribadi dan memberikan pinjaman dengan cuma cuma tanpa adanya seleksi dan proses terlebih dahulu seperti pinjaman online OJK lainnya.

Itulah empat ciri ciri atau sebuah perbedaan dari pinjaman online OJK legal dan ilegal yang dapat kami rangkum melalui website resmi OJK.

Setelah ditelaah, memang pinjol ilegal terasa lebih menyeramkan dan akan berujung pada kekerasan walaupun sangat mudah untuk menerima pinjaman tersebut.

Namun, alangkah lebih baiknya anda tetap menggunakan agen pinjaman online yang legal, aman, jelas, dan terpercaya.