Solusi Pinjol Susah Cair, Pakai Cara Ini Lebih Mudah ACC

8/25/23, 7:54 AM
Solusi Pinjol Susah Cair, Pakai Cara Ini Lebih Mudah ACC

Bagaimana solusi pinjaman online atau pinjol susah cair? Pada dasarnya, pinjol dapat membantu seseorang dalam memenuhi kebutuhan yang mendesak. Lain cerita jika pinjam dana cepat hanya untuk keinginan semata, pinjol dapat menjadi belati bermata dua.

Ya, pinjol bisa membantu Anda, dapat pula berubah menjadi tali kuat yang mencekik leher Anda. Tergantung apakah Anda menggunakan dana dari pinjol untuk kebutuhan yang benar-benar penting atau sekadar foya-foya.

Perlu Anda ketahui, bunga pinjol legal yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maksimal 0,4 persen per hari atau sekitar 12 persen per bulan. Jika Anda menggunakan pinjol ilegal, bunga tersebut tidak terukur dan ketentuan pinjaman tidak jelas.

Oleh sebab itulah, hal pertama sebelum menggunakan aplikasi pinjol adalah memastikan itu legal dan terdaftar di OJK. Berikut ini beberapa tips agar meminjam di fintech lending mendapat penerimaan (accepted/ACC).

Solusi Pinjol Susah Cair agar ACC dan Lolos Secepatnya

Proses pencairan pinjol sangat cepat, rata-rata hanya satu hari kerja (1x24 jam). Hal inilah yang menjadi salah satu alasan banyak masyarakat Indonesia menggunakan pinjol untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka secepatnya.

Ada pula yang mencari cara agar lolos pinjaman online ilegal tanpa mengindahkan risikonya. Alhasil, pinjam di pinjol ilegal dalam jumlah besar, jangka waktu lama, dan bunga besar merupakan tiga komposisi ampuh yang mengakibatkan peminjam tercekik.

Belum lagi risiko penagihan dari rentenir atau lintah darat pinjol ilegal yang kebanyakan tidak beretika dan tidak bermoral. Guna mengantisipasi risiko yang besar di pinjol ilegal tersebut, berikut ini cara mengatasi pinjol susah cair khusus yang legal.

  1. Semua Proses Administrasi Harus Terpenuhi

    Anda tidak perlu khawatir memasukkan data pribadi yang diminta asalkan itu merupakan pinjol legal/resmi yang terdaftar di OJK. Keamanan data terlindungi, sehingga pastikan semua proses administrasi pendaftaran sesuai dengan keadaan aslinya.

    Mulai dari data nama yang sesuai dengan kartu identitas, foto KTP jelas, hingga foto selfie yang pas. Pasalnya, jika data dalam proses administrasi tidak jelas atau meragukan atau tidak sesuai, pihak pinjol sendiri enggan memberi kepercayaan kepada peminjam.

  2. Verifikasi Data Sebenarnya dan Sesuai Kenyataan

    Tidak hanya proses memasukkan data pribadi dalam administrasi pendaftaran, pinjol legal membutuhkan verifikasi bahwa data tersebut masih aktif. Misalnya, alamat email dan nomor telepon peminjam yang harus aktif untuk proses tersebut.

    Nomor telepon dan email aktif, berfungsi membantu proses verifikasi data berjalan lebih lancar. Anda yang mengajukan pinjaman, tetapi belum ACC, coba cek apakah setelah mendaftar sudah melakukan proses ini atau belum.

    Sebenarnya, jika semua proses administrasi dan verifikasi berhasil dengan baik, tidak ada ceritanya pinjol susah cair.
  3. Perizinan Aplikasi Pinjol Legal dan Resmi

    Anda tidak perlu khawatir, pinjol legal dan resmi tidak meminta izin yang aneh-aneh ke ponsel. Beberapa izin yang perlu Anda aktifkan untuk aplikasi pinjol adalah kamera, lokasi, dan mikrofon. Jika pinjol meminta izin akses kontak, Anda perlu waspada.

    Hanya pinjol ilegal (tidak resmi) dan tidak terdaftar di OJK yang meminta izin ke HP terlalu banyak. Seperti izin membaca SMS, izin kontak, dan lain sebagainya.

    Dengan memberikan izin yang dibutuhkan oleh APK pinjol resmi, Anda memiliki kesempatan dan peluang lebih besar agar mendapat ACC.
  4. Pinjol Susah Cair dengan Mengecek Riwayat BI Checking

    Jangan-jangan Anda sudah memiliki riwayat kredit tidak bagus atau pinjaman lain yang macet? Ini menjadi salah satu alasan penolakan yang paling banyak untuk pinjol resmi dan legal. Kabar baiknya, Anda dapat mengecek sendiri riwayat BI Checking dengan SLIK OJK di laman resminya. Setidaknya, hal ini lebih membantu mengetahui penyebab penolakan pengajuan pinjaman.

    Trik agar pinjaman online di-ACC yang paling banyak masyarakat pakai jika sudah terdeteksi BI Checking buruk adalah menggunakan identitas lain. Identitas itu bisa dari istri atau suami, sehingga beban pembayaran cicilan bisa diangkat bersama. Jika pakai cara ini, harus dengan persetujuan kedua belah pihak, ya!
  5. Mengetahui Penyebab Pinjol Mendapat Penolakan

    Cara kelima ini dapat Anda terapkan jika keempat cara di atas belum berhasil memberikan ACC pinjaman. Yaitu dengan memahami akar permasalahan penolakan itu sendiri, kemudian menerapkan solusi yang paling tepat sasaran.
    Beberapa alasan penolakan pinjaman online antara lain:

a) Pengajuan melebihi limit yang diberikan oleh aplikasi pinjol;

b) Adanya tagihan atau terdapat riwayat BI Checking buruk;

c) Masuk blacklist atau daftar hitam;

d) Gagal verifikasi administrasi dan dokumen;

e) Tidak memberi izin yang dibutuhkan aplikasi pinjol resmi (kamera, lokasi, dan mikrofon);

f) Faktor lain.

Anda dapat langsung menghubungi customer service atau layanan pusat bantuan di aplikasi pinjol bersangkutan guna mengetahui penyebab penolakan. Setelah mengetahui sumber masalahnya, tanyakan bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya.

Itulah cara agar pinjaman langsung cair tanpa ditolak, sekaligus menjadi solusi untuk pinjol susah cair untuk Anda. Semoga membantu, ya!