3 Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan Lokasi Akurat

8/25/23, 8:06 AM
3 Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan Lokasi Akurat

Ada banyak cara melacak HP yang hilang, namun apakah cara tersebut akurat atau tidak? Pada kesempatan kali ini, APK Modis akan memberikan rekomendasi cara mengetahui lokasi smartphone dengan tingkat akurat lebih tinggi.

Mayoritas orang akan langsung merasa panik jika HP pribadi tiba-tiba hilang entah ke mana. HP yang notabene berisi kontak, data pribadi (foto dan video), chat, akun media sosial, banking, hingga nomor telepon kesayangan. Jika hilang tentu membuat panik empunya HP tersebut.

Apalagi jik harga HP cukup tinggi, sehingga dapat pula menyebabkan kerugian materi. Selain itu, pikiran tenang dan dingin perlu untuk menemukan tindakan yang tepat. Asalkan layanan maps dan HP dalam keadaan menyala, masih ada secercah harapan yang bisa Anda lakukan.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Akurat

Secara umum, untuk melacak lokasi akurat HP ada tiga yaitu menggunakan akun Google, berdasarkan merek, dan IMEI. Banyak yang menulis melacak HP dengan Google Maps misalnya, itu sebenarnya bukan pelacakan melainkan hanya riwayat lokasi.

Melacak menggunakan Google Maps dapat Anda gunakan untuk memperkirakan lokasi hilangnya HP kalau sudah dalam keadaan mati (turn off). Meski begitu, menggunakan cara tersebut masih saja kurang efektif dan akurat.

Sedangkan melacak HP hilang dengan WhatsApp, cara kerjanya hampir sama dengan Google Maps di atas. Yaitu hanya menunjukkan riwayat lokasi terakhir yang terekam sebelum HP dimatikan oleh penemunya.

Agar lebih akurat, kami sudah merangkum beberapa cara yang masih mungkin Anda gunakan dengan teknologi saat ini.

1. Google Find My Device

Cara melacak HP yang hilang pertama dengan fitur Google Find My Device. Perusahaan teknologi raksasa dunia, Google menyadari hal tersebut dan fitur ini sangat memudahkan para pengguna. Anda dapat menggunakan Find My Device langsung dari Google Chrome maupun aplikasi yang ada di PlayStore maupun AppStore.

Pertama, masuk ke URL https://www.google.com/android/find/ (Google Find My Device), kemudian login menggunakan akun email yang terhubung di HP hilang. Setelah login, Anda akan langsung bisa melihat data lokasi secara akurat.

Data tersebut meliputi merek HP Anda, persentase daya baterai saat ini, dan tentunya lokasi akurat yang presisi.

Kedua, Anda dapat melakukan beberapa tindakan antara lain: putar suara, amankan perangkat, atau hapus perangkat.

Putar suara memungkinkan Anda membuat HP yang hilang berdering dengan volume penuh selama 5 menit, meskipun HP sedang berada dalam mode senyap. Amankan perangkat untuk memunculkan pesan mengembalikan HP, mengunci perangkat, atau mengeluarkan akun Google yang terhubung.

Sedangkan hapus perangkat, maksudnya semua konten di perangkat akan dihapus dan ini berarti Anda merelakan HP yang hilang tidak kembali lagi. Jika menggunakan fitur perintah yang ini, Anda tidak lagi bisa menggunakan Google Find My Device.

Sejauh ini, fitur dari Google Find My Device memang sangat membantu dan paling efektif sebagai cara melacak HP yang hilang. Termasuk melakukan tindakan jarak jauh seperti memutar suara, amankan perangkat, dan atau menghapusnya secara permanen.

2. Pelacakan Lokasi HP Berdasarkan Merek

Berikutnya adalah dengan proses melacak HP yang hilang berdasarkan merek masing-masing. Setiap brand besar memiliki akun yang terintegrasi dengan HP, ambil contohnya iPhone, Samsung, atau Xiaomi.

Di iPhone ada iCloud, Samsung ada Samsung Account, sedangkan Xiaomi ada MiCloud. Anda dapat langsung masuk ke website resmi masing-masing brand HP tersebut. Login menggunakan akun yang terintegrasi pada HP hilang.

Fitur yang ada di dalamnya hampir sama dengan layanan Google Find My Device, hanya saja menurut kami iCloud dari iPhone jauh lebih aman. Pasalnya, jika Anda menghapus atau memblokir HP iPhone yang hilang dari iCloud, maka penemu tidak akan bisa menggunakan HP tersebut.

Walaupun penemu tidak bertanggung jawab melakukan bypass, mereka masih tidak bisa menggunakan HP secara maksimal. Beberapa risiko bypass iPhone misalnya tidak bisa menangkap sinyal sama sekali (hanya menggunakan WiFi), tidak bisa restart, dan banyak minus lainnya.

Di sisi lain, pelacakan lokasi HP berdasarkan merek masing-masing ini bisa mengamankan data pribadi secara keseluruhan. Anda bisa menghapus semua data dari jarak jauh, atau memberi pesan di layar yang meminta penemu mengembalikan dengan imbalan tertentu.

3. Melacak HP Hilang dengan IMEI dan Nomor Telepon

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana pihak kepolisian bisa menemukan pelaku hanya dari IMEI atau nomor telepon? Sebab, mereka memiliki teknologi pelacakan tingkat tinggi serta kerja sama dengan provider nomor telepon.

Melacak HP hilang dengan IMEI dan nomor telepon, caranya langsung membuat laporan di kepolisian atau provider terkait. Biasanya ini membutuhkan proses, namun jika hasilnya sudah keluar pasti akurat bahkan sampai ketemu orang yang membawa HP tersebut. Sebab, IMEI tidak akan berubah walaupun penemu HP Anda melakukan reset pabrik.

Itulah cara melacak HP yang hilang paling akurat dan efektif menurut APK Modis. Cara melacak HP hilang dengan akun Google menurut kami tetap yang paling cepat serta banyak digunakan. Karena di dalam Google Find My Device sudah ada berbagai fitur yang sangat bermanfaat.