Penting! Begini Cara Format Laptop sebelum Dijual agar Data Pribadi Tidak Tersebar

8/25/23, 9:08 AM
Penting! Begini Cara Format Laptop sebelum Dijual agar Data Pribadi Tidak Tersebar

Cara format laptop umumnya disebut sebagai wipe disk. Ini merupakan informasi penting jika Anda sangat perhatian dengan data pribadi yang berada di dalam laptop. Ternyata, walaupun sudah Anda pikir terhapus, sebenarnya data-data tersebut masih bisa recovery atau memulihkan.

Sehingga, wipe disk menjadi salah satu langkah ampuh agar data yang sudah terhapus tidak bisa direcovery. Sebagaimana sebelum menjual HP, tentunya pengguna ingin melakukan format factory atau reset ke pengaturan pabrik sepenuhnya.

Tujuan melakukan format tersebut agar data-data tidak akan disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang memiliki HP selanjutnya. Laptop maupun komputer juga demikian, namun terdapat perbedaan signifikan lantaran perangkat ini bisa dipulihkan.

Umumnya, cara format laptop hanya dengan menghapus file di D: maupun E:, klik kanan format, atau menekan shift + del (permanently delete). Ketiga cara di atas ternyata masih bisa kurang aman, karena pemulihan mungkin dilakukan.

Cara Format Laptop dengan Wipe Disk

Wipe disk adalah proses penghapusan data di penyimpanan komputer atau laptop (HDD/SSD) keseluruhan tanpa kemungkinan bisa dipulihkan. Proses pembersihan data tersebut menggunakan metode penghancuran, jadi berkas yang sudah masuk ke proses ini benar-benar hancur atau musnah.

Cara reset laptop Windows untuk menghapus permanen data perlu bantuan aplikasi tambahan pihak ketiga. Anda tidak bisa hanya melakukan format dengan klik kanan penyimpanan, lantaran itu masih dapat dipulihkan dengan software Recovery Data.

APK Modis sudah merangkum beberapa cara untuk melakukan format laptop secara permanen. Ini akan membuat laptop layaknya seperti baru, ruang kosong tanpa adanya data apapun sama sekali. Berikut ini cara format laptop untuk menghapus data permanen dengan wipe disk.

1. Freeware Wipe Disk

Khusus untuk Windows, melalui laman web diskwipe.org mereka menyediakan aplikasi untuk menghapus data laptop permanen. Aplikasi Disk Wipe merupakan freeware atau utilitas gratis yang membantu pengguna mengamankan penghapusan pada berbagai perangkat penyimpanan.

Tidak hanya untuk HDD atau SSD, melainkan dapat Anda terapkan untuk menghapus permanen semua data di flashdisk, microSD, HDD eksternal, atau yang lainnya. Aplikasi tetap kompatibel dengan semua perangkat penyimpanan, asalkan bisa berjalan pada sistem NTFS, Fat, atau Fat32.

  1. Masuk ke halaman pengunduhan Aplikasi Disk Wipe di https://www.diskwipe.org/download.php.
  2. Klik download, buka, dan pilih partisi atau media penyimpanan yang ingin Anda bersihkan seluruhnya tanpa kemungkinan kembali (restore).
  3. Tunggu proses pembersihan dan penghancuran sampai selesai.

Perlu Anda catat bahwa proses ini tidak bisa dibatalkan, sehingga jika ada data penting yang masih berguna, sebaiknya sudah Anda pindah ke penyimpanan lain terlebih dulu. Ini juga sebagai cara reset laptop Asus, Lenovo, HP, dan merek lainnya secara permanen.

2. Wipe Disk di CCleaner

CCleaner menjadi aplikasi pembersihan untuk sampah, cache, dan berkas tidak berguna lain yang hanya membebani kinerja komputer/laptop. Ternyata, CCleaner juga memiliki fitur wipe disk yang membantu Anda format laptop secara total.

  1. Masuk ke CCleaner > Tools > Drive Wipe.
  2. Centang penyimpanan yang ingin Anda bersihkan kemudian jalankan proses wipe.
  3. Tunggu proses pembersihan sampai selesai.

CCleaner menyediakan beberapa pilihan pembersihan yang bisa Anda pilih. Fitur free space only hanya akan membersihkan ruang kosong tanpa menghapus file. Anda perlu mengganti dengan memilih penyimpanan yang ingin direset ke setelan pabrik.

Berapa lama reset laptop menggunakan cara wipe disk di CCleaner? Hal ini tergantung pada banyak atau sedikitnya berkas yang ada di penyimpanan Anda. Semakin banyak maka proses yang CCleaner butuhkan semakin lama, begitu pula sebaliknya.

3. Wipe Disk dengan Aplikasi KillDisk

Cara format laptop sebelum dijual berikutnya dengan bantuan aplikasi KillDisk. Aplikasi ini kompatibel untuk beberapa jenis sistem operasi, baik itu Windows, Linux, maupun MacOS. Ia juga memberikan versi gratis (freeware) dan versi ultimate dengan penghapusan lebih powerfull.

  1. Unduh terlebih dulu Aplikasi KillDisk sesuai versi atau jenis yang Anda butuhkan.
  2. Pilih partisi yang ingin Anda format menggunakan aplikasi ini.
  3. Jalankan dengan klik erase method > confirm action > OK.

Lisensi KillDisk ultimate untuk penggunaan personal mulai $ 99,95. Namun, Anda bisa menggunakan versi freeware atau gratis jika hanya sekali pakai. Masing-masing cara di atas memiliki tujuan sama, yaitu menghapus data laptop agar tidak mungkin dipulihkan.

Setelah melakukan penghapusan secara permanen, keamanan data yang sudah terhapus menjadi tinggi. Anda tidak lagi khawatir pihak tidak bertanggung jawab menggunakan atau menyebarkan data Anda setelah menjual laptop nantinya.

Itulah cara format laptop yang penting sebelum menjualnya agar data pribadi tidak tersebar. Memastikan keamanan data memang sangat penting, terlebih di zaman modern yang serba menggunakan teknologi dalam semua aspek kehidupan ini.