Penting! Cara Memilih Smartwatch Berdasarkan Kebutuhan

9/3/23, 6:28 PM
Penting! Cara Memilih Smartwatch Berdasarkan Kebutuhan

Sebagaimana jam tangan pada umumnya, terdapat cara memilih smartwatch agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Smartwatch atau jam tangan pintar tentu mempunyai fitur utama sebagai penanda waktu.

Ini sebenarnya sama dengan smartphone yang juga mempunyai fitur utama untuk komunikasi. Seperti halnya ponsel jadul yang punya fitur tersebut. Terlepas dari fitur utama itu, smartwatch dan smartphone didukung dengan hal menarik tambahan lain guna memberi produktivitas lebih baik.

Smartwatch yang terhubung dengan smartphone, memungkinkan pengguna untuk melihat notifikasi pemberitahuan tanpa harus membuka layar HP dulu. Secara lebih rinci, berikut ini beberapa fitur umum smartwatch.

  1. Sebagai penanda waktu (ini fitur smartwatch yang utama);
  2. Membantu mengatur kebiasaan positif dari pengguna;
  3. Memantau asupan kalori setiap hari;
  4. Menghitung jumlah langkah kaki harian;
  5. Pencatatan olahraga terbaik untuk pengguna;
  6. Memberi laporan tekanan darah, detak jantung, dan kadar oksigen dalam darah;
  7. Memantau stress;
  8. Terkoneksi dengan smartphone;
  9. Review laporan kesehatan secara keseluruhan; serta
  10. Meningkatkan kepercayaan diri dengan memaksimalkan penampilan.

Pada umumnya, fungsi smartphone lebih dominan mengarah pada pemantauan kesehatan. Beberapa fungsi dan fitur lain di atas tentunya akan membantu, oleh karena itulah penting mengetahui bagaimana cara memilih smartwatch paling sesuai.

6 Langkah dan Cara Memilih Smartwatch untuk Anda

Ada beragam jenis smartwatch baik dari spesifikasi, build quality, brand, dan faktor lainnya. Misalnya, smartwatch couple terbaik yang lebih cocok untuk sepasang kekasih.

Jika tidak ingin menyesal sebelum membeli smartwatch, lebih baik memahami bagaimana langkah tepat dalam memilihnya.

1. Sesuai dengan Smartphone yang Digunakan

Hal pertama adalah kesesuaian dengan smartphone Anda, apakah kompatibel atau tidak. Pasalnya, tidak semua smartwatch dapat berjalan dengan aplikasi universal di toko aplikasi smartphone.

Contoh mudahnya, jika menggunakan Samsung pakai Galaxy Watch, jika menggunakan Huawei pakai Huawei Watch, jika menggunakan iOS pakai Apple Watch, dan lain sebagainya.

Meski di pasaran terdapat beberapa merek lain seperti Garmin, itu bisa menjadi alternatif lain. Perusahaan jam tangan dunia pun sudah mulai menggunakan teknologi smartwatch untuk produk terbaru mereka.

2. Jenis Layar sesuai Kebutuhan

Umumnya jenis layar smartwatch ada 2, yaitu AMOLED dan LCD. Masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri, di mana AMOLED menang pada sektor cerah dan tajam namun dianggap lebih boros daya. Sedangkan LCD kelebihan pada daya yang lebih hemat.

3. Tampilan dan Desain Paling Nyangkut di Hati

Cara memilih smartwatch berikutnya adalah mempertimbangkan desain yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Setiap brand punya ciri khas tersendiri, entah itu bagian dalam (software) atau bagian luar (desain).

Desain tidak hanya pada bagian smartwatch saja, pertimbangkan pula tali strap, apakah mudah ditemukan sparepart cadangan atau tidak. Ekosistem sparepart yang tersedia di pasaran akan membantu Anda di kemudian hari jika terdapat masalah pada smartwatch.

4. Mempertimbangkan Fitur Smartwatch yang Ada

Fitur smartwatch adalah pertimbangan mayoritas pengguna membeli produk teknologi satu ini. Meski beberapa beli smartwatch dengan tujuan untuk gaya-gayaan (lebih fokus pada merek). Pastikan bahwa fitur yang Anda incar memang dimiliki oleh smartwatch tersebut, ya!

Smartwatch untuk remaja maupun orang lanjut usia, lebih baik memastikan terdapat fitur pemantau kesehatan yang akurat. Jika smartwatch dapat melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan seperti ponsel, itu akan lebih baik.

5. Baterai sebagai Catu Daya Utama Smartwatch

Catu daya utama jam tangan sebenarnya sudah sangat berkembang, ada jam tangan quartz, automatic movement, chronograph, sampai digital dengan charger. Untuk smartwatch, bisa Anda isi baterainya baik menggunakan wire (kabel) maupun wireless (tanpa kabel).

Kapasitas baterai smartwatch rata-rata berada di angka 400 mAh, ini bisa bertahan selama beberapa hari. Salah satu smartwatch yang memiliki reputasi daya tahan baterai paling lama TicWatch Pro 3 GPS.

Smartwatch itu dalam mode smart bertahan sekitar 3 hari (rata-rata), sedangkan pada mode essential (hanya menyalakan fitur penanda waktu) bisa bertahan sampai 45 hari.

6. Budget yang Anda Siapkan untuk Membeli Smartwatch

Lagi-lagi, semuanya kembali pada budget atau biaya yang Anda siapkan untuk membeli produk smartwatch. Terdapat ungkapan khususnya di Jawa yang mengatakan: ati karep bandha cupet (hati sangat ingin tetapi belum bisa membelinya).

Pertimbangan soal harga, saran kami lebih fokus pada kebutuhan alih-alih gengsi dan keinginan. Sebab gengsi dan keinginan seberapa banyaknya yang terpenuhi tidak akan pernah selesai.

Anda dapat menemukan banyak rekomendasi smartwatch murah di marketplace dari brand yang namanya belum terlalu terkenal. Meski murah, pastikan kualitasnya tidak murahan, yaitu dengan mempertimbangkan langkah-langkah di atas.

Jam tangan telah mengalami perkembangan luar biasa seperti halnya smartphone, itulah cara memilih smartwatch terbaik di tahun ini. Jika memilih dengan benar, Anda akan lebih sayang untuk merawat barang tersebut dalam jangka waktu lama.