7 Cara Melunasi Pinjol dengan Cepat dan Mudah

9/5/23, 6:38 PM
7 Cara Melunasi Pinjol dengan Cepat dan Mudah

Bagaimana cara melunasi pinjol yang cepat, mudah, dan ampuh? Pada kesempatan kali ini, APK Modis akan memberikan gambaran jika Anda tengah terlilit utang pinjaman online (pinjol).

Sebelumnya, kami telah memberi cara agar pinjol cepat cair. Di mana dengan menerapkan cara cepat cair tersebut, pinjol juga berperan sebagai solusi mendesak.

Salah satu alasan banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan pinjol adalah karena instan, bahkan beberapa tidak membutuhkan data dan proses muluk. Namun, wajib Anda pastikan menggunakan pinjol legal dan resmi, jangan pinjol ilegal karena bunga pinjaman bisa sangat besar.

Cara Melunasi Pinjol Terstruktur dan Terencana

Keadaan tak terduga di luar rencana seperti gagal bayar (galbay) pinjol masih mungkin terjadi. Oleh sebab itulah, jika Anda tengah mengalami hal semacam ini, cobalah cara berikut agar segera terbebas dari jerat pinjaman online.

1. Mempertimbangkan Pemasukan dan Pengeluaran

Cara terlepas dari pinjol yang pertama dengan mempertimbangan pemasukan dan pengeluaran terlebih dulu. Kalkulasi berapa pemasukan yang Anda hasilkan per bulan, berapa pengeluaran lengkap dengan detail keterangan masing-masingnya.

Setelah mengurangi antara penghasilan dan pengeluaran, apakah masih ada sisa yang bisa Anda simpan. Jika tidak ada, maka Anda perlu menggunakan cara terbebas dari pinjol yang kedua di bawah.

2. Memindahkan Utang ke Satu Pihak Keseluruhan

Ini merupakan cara melunasi pinjol yang cepat dan mudah. Perhatikan baik-baik, misalnya Anda mempunyai pinjol di beberapa aplikasi sekaligus dengan total 15 juta. Anda dapat meminjam sebanyak nominal tersebut ke pihak lain, seperti pihak keluarga atau bank.

Dapatkan cicilan dengan lebih kecil meski dalam jangka waktu lebih lama, sehingga pada cara pertama di atas pemasukan yang Anda hasilkan masih tersisa. Dengan cara ini pula, pinjol di beberapa aplikasi yang menjadi beban Anda lunas.

Perlu Anda catat dengan hati-hati bahwa gali lubang seperti ini tidak dianjurkan jika setelah melakukannya utang pinjol masih tersisa. Oleh karenanya, jika pinjam ke pihak lain pastikan semuanya di aplikasi pinjol tuntas.

3. Menjual Aset sebagai Cara Melunasi Pinjol yang Mendesak

Cara lainnya dengan menjual aset yang Anda miliki, sebab beberapa orang akan lebih tenang tidak memiliki utang alih-alih menyimpan barang. Contoh aset tersebut adalah barang yang tidak digunakan dalam proses produksi, pekerjaan, atau hal penting lainnya.

Sebenarnya, Anda masih bisa menjual kendaraan motor atau mobil, kemudian membeli kendaraan baru yang jauh lebih murah. Selisih antara penjualan dan pembelian tersebut gunakan sebagai angsuran melunasi utang di pinjol.

4. Mencari Pemasukan Tambahan Jika Memungkinkan

Alternatif lainnya adalah mencari pemasukan tambahan kalau keadaan masih memungkinkan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan, yang paling sederhana adalah berjualan. Anda cukup memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya yang memiliki harga jual lebih tinggi.

Ini terdengar mudah, namun tetap saja membutuhkan niat dan kemauan besar untuk mewujudkannya. Manfaatkan pula skill yang Anda punya untuk mengumpulkan pundi-pundi cuan tambahan.

5. Mengajukan Permohonan Bunga Rendah

Sebenarnya, Anda dapat mengajukan surat pengajuan permohonan keringanan bunga kepada pihak pemberi utang. Tetapi tidak semua pinjol dapat mengabulkan permintaan tersebut, oleh karenanya di awal sangat penting memilih pinjol resmi yang diawasi OJK.

6. Hidup Hemat dengan Mengurangi Gaya Hidup

Melunasi utang pinjol cepat tidak bisa Anda lakukan jika masih menerapkan hidup boros dan memenuhi gaya semata. Cobalah mulai sekarang mengubah kebiasaan, tanamlah keyakinan bahwa setiap nilai mata uang sangat berarti. Sehingga Anda akan berpikir berkali-kali sebelum membelanjakan uang yang Anda punya.

Jika Anda belum menikah, tentunya akan lebih mudah mengubah kebiasaan, sedangkan tanggung jawab masih diri sendiri. Namun jika sudah menikah, alangkah bijak terus terang kepada suami/istri bahwa Anda sedang terlilit utang pinjol.

Bukan tidak mungkin pasangan Anda akan menerima, mendukung keputusan Anda, sekaligus memberi cara melunasi utang dengan maksud yang baik. Hindari pula hal-hal yang niscaya merugikan seperti berjudi, itu merupakan pilihan terburuk untuk melunasi utang.

7. Fokus Bekerja untuk Melunasi Utang Pinjol

Beruntung jika Anda masih memiliki pekerjaan sebagai sumber keuangan utama. Sedangkan tidak sedikit orang yang terlilit utang pinjol dan mereka tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Jika Anda masih punya pekerjaan, fokus bekerja untuk melunasi utang terlebih dulu.

Percayalah, jika Anda utang sudah lunas sepenuhnya, hidup Anda akan jauh lebih ringan dan tenang. Tidak khawatir ditagih oleh lintah darat, tidak mendapat ancaman, atau teror yang lain. Fokus melunasi utang mestinya menjadi motivasi tersendiri untuk Anda saat ini.

Demikian itulah beberapa langkah paling cepat dan mudah sebagai cara melunasi pinjol. Dari beberapa opsi di atas, mana yang sudah pernah Anda lakukan dan bagaimana hasilnya?