Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop, HP, dan Flashdisk Aman

9/9/23, 7:32 AM
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop, HP, dan Flashdisk Aman

Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus? Masing-masing caranya tergantung media penyimpanan yang Anda gunakan. Sebab, storage pada dasarnya tidak benar-benar menghapus data dengan menghancurkannya.

Menghancurkan data pribadi sebelum perangkat (seperti laptop dan HP) dijual sangat penting. Sehingga, menghapus data tanpa kemungkinan bisa restore merupakan tindakan pengamanan supaya informasi pribadi tidak menyebar.

Oleh sebab itulah, jika Anda ingin menjual perangkat pribadi, lakukan cara format data sebelum menjualnya. Ketika Anda menggunakan cara di atas untuk menghapus dan menghancurkan file, tentunya sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Tetapi kalau cara menghapus file hanya sekadar delete dan shift delete, kemungkinan file yang terhapus masih bisa kembali dengan cara tertentu. Pada kesempatan kali ini, APK Modis akan menjabarkan cara mengembalikan file yang terhapus berdasarkan media penyimpanan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus (Laptop, HP, dan Flashdisk)

Apa saja sih faktor yang membuat kita terpaksa menghapus data di laptop, HP, atau media penyimpanan yang lain? Faktor tersebut umumnya karena terkena virus komputer, tidak sengaja menghapus, atau sengaja menghapus tanpa sebelumnya melakukan backup lebih dulu.

Cara mengembalikan file yang terhapus umumnya menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti agar file penting sudah terhapus bisa kembali restore ke penyimpanan.

1. Terhapus di Laptop karena Menekan Delete

Jika menghapus hanya dengan menekan delete, maka file tersebut masih berada di Recycle Bin. Anda dapat melakukan restore dengan langsung membuka aplikasi Recycle Bin itu. Recycle Bin merupakan aplikasi bawaan Windows yang berperan sebagai tempat sampah sementara.

  1. a) Buka Recycle Bin;
  2. b) Double klik file yang ingin Anda pulihkan;
  3. c) Restore.

File yang sudah Anda restore akan kembali ke lokasi penyimpanan semula. Misalkan file itu terhapus dari drive E:, maka akan kembali ke drive tersebut.

2. Memulihkan File yang Terhapus dengan Backup File History

Perlu Anda catat, untuk menggunakan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan Backup File History. Sebelumnya Anda sudah harus mengaktifkan auto-backup. Cara mengaktifkan Backup File Windows sebagai berikut:

  1. a) Masuk ke menu Backup Settings terlebih dulu. Bisa dengan klik ikon Windows dan ketik Backup;
  2. b) Add a Drive, pilih lokasi penyimpanan sebagai lokasi backup nantinya;
  3. c) Centang Automatically back up my files. Setelah mengaktifkan ini, file yang sudah terhapus akan muncul di bagian more option > restore files from a current backup.

Sayangnya, jika sebelumnya Anda belum mengaktifkan auto-backup di Windows, file yang sudah terhapus permanen tidak akan muncul di bagian menu ini.

3. Terhapus Permanen di HP

Sedangkan untuk restore file dan foto yang sudah terhapus di HP, dapat Anda lakukan berdasarkan merek HP. Cara resmi menggunakan fitur trash bawaan HP di file manager, penyimpanan cloud, dan penyimpanan Google.

  1. a) Coba cek di fitur trash file manager (penyimpanan lokal) HP Anda, ini mirip Recycle Bin di laptop. File Anda akan tetap berada di tempat sampah dan tidak terhapus permanen sebelum 30 hari.
  2. b) Penyimpanan cloud ada MiCloud, iCloud, Samsung Cloud, dan penyimpanan lainnya. Mengembalikan file dengan cara ini sebelumnya harus sudah melakukan backup otomatis secara online. Kalau ternyata file yang terhapus hanya berada di penyimpanan internal, kemungkinan tidak ada di fitur trash cloud.
  3. d) Sedangkan penyimpanan Google, beberapa di antaranya adalah Google Foto dan Google Drive. Keduanya mempunyai fitur trash, namun cara kerjanya sama dengan penyimpanan cloud Anda harus melakukan backup otomatis secara online.

Beberapa aplikasi di PlayStore atau AppStore bisa Anda coba untuk membantu melakukan restore file lokal yang terlanjur terhapus permanen. Meski begitu, tetap nyalakan sistem keamanan agar privasi serta data pribadi Anda di HP terjaga.

4. Terhapus di Flashdisk

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, harddisk, SSD, atau media penyimpanan yang lain membutuhkan bantuan aplikasi resmi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa membantu adalah Recuva Profesional dari CCleaner.

Recuva menyediakan dua versi, gratis dan berbayar. Jika kebutuhan restore Anda hanya sekali, menggunakan versi gratis bukan masalah.

  1. a) Unduh Recuva Professional dari CCleaner terlebih dulu;
  2. b) Sambungkan flashdisk atau penyimpanan lain yang ingin Anda pulihkan;
  3. c) Pilih jenis file, Recuva memberi beberapa pilihan di antaranya all files, pictures, music, documents, video, compressed, dan emails;
  4. d) Klik next, lalu pilih lokasi penyimpanan flashdisk karena Anda akan memulihkan file yang terhapus dari sini;
  5. e) Klik start, untuk menjalankan proses scan file yang sudah terhapus.

Recuva memberikan daftar file dari flashdisk yang sudah terhapus berdasarkan tipe ekstensi yang tadi Anda pilih. Centang file yang ingin dipulihkan, kemudian klik recover. Jika cara mengembalikan file yang terhapus itu berhasil, maka hasilnya akan muncul kembali di flashdisk.