5 Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Simpel dan Mudah Terbaru

9/11/23, 8:20 AM
5 Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Simpel dan Mudah Terbaru

Cara mengirim foto dari HP ke laptop dan sebaliknya bisa dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi yang umum digunakan untuk mengirim file tersebut di antaranya ShareIt, ShareMe, dan AirDroid.

Anda yang ingin memindahkan foto dari HP ke laptop sekaligus, termasuk file penting seperti video, dokumen, atau lainnya. Semakin banyak file, tentunya perlu kecepatan transfer tinggi agar tidak memakan waktu terlalu lama.

Seseorang perlu melakukan kirim file karena beberapa alasan, misalnya untuk backup file HP dan kebutuhan pekerjaan. Berikut ini, sudah APK Modis rangkum untuk Anda beberapa cara kirim file lengkap dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mudahnya Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop

Berikut ini beberapa cara untuk transfer file dari HP ke laptop termudah. Sesuaikan dengan ukuran file, banyaknya, dan kebutuhan yang lain. Memilih cara yang paling efektif dan cepat lebih baik guna menunjang produktivitas dalam urusan Anda.

1. Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop dengan Aplikasi Tambahan

Sebagaimana yang kami sampaikan sebelumnya, Anda bisa menggunakan aplikasi berbagai file seperti ShareIt, ShareMe, dan AirDroid. Ketiga aplikasi tersebut tersedia di toko aplikasi PlayStore maupun AppStore, sehingga kompatibel dengan semua jenis smartphone Anda.

Kemudian, pasang juga aplikasi tersebut di laptop atau PC Anda melalui laman resminya. Misalnya dalam hal ini kita menggunakan ShareIt.

  1. a) Install ShareIt di HP dan laptop, ini membutuhkan proses di awal. Namun kalau sudah terpasang, Anda dapat mengirim file lebih cepat dan mudah kapan saja;
  2. b) Buka ShareIt PC, biarkan terbuka begitu saja dulu. Kemudian beralih ke ShareIt HP hubungkan ke PC (Connect PC);
  3. c) Klik pencarian ShareIt PC (PC Search Mobile);
  4. d) ShareIt akan meminta izin untuk menyalakan koneksi Hotspot dan Lokasi HP sebagai basis pengiriman file. Izinkan, lalu ShareIt HP akan bertindak sebagai Hotspot;
  5. e) Kemudian beralih ke ShareIt PC, lakukan pencarian Hotspot HP (Search Hotspot of Mobile);
  6. f) Jika PC dan HP sudah terhubung melalui jaringan Hotspot yang sama, Anda sudah bisa melakukan kirim file apa saja.

Cara mengirim foto dari HP ke laptop menggunakan aplikasi tambahan ini sangat cocok untuk jangka panjang. Apalagi kalau Anda sering mengirim berkas dengan ukuran sangat besar. Kecepatan transfer dari ShareIt hingga kini merupakan yang paling cepat daripada cara lainnya.

2. Mengirim Foto dari HP ke Laptop dan Sebaliknya Tanpa Aplikasi

Cara berikutnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan, ini lebih cocok untuk mengirim berkas sekali waktu. Serta ukuran berkas yang Anda kirim tidak terlalu besar. Cara yang paling umum adalah menggunakan koneksi bluetooth.

  1. a) Masuk ke pengaturan bluetooth di laptop, pastikan sudah menyala;
  2. b) Hubungkan bluetooth di laptop dan HP;
  3. c) Jika akan menerima file, pengaturan di bluetooth PC adalah receive (menerima);
  4. d) Kemudian, Anda sudah bisa mengirim file dari HP menggunakan koneksi bluetooth ini.

Sayangnya, kecepatan transfer file menggunakan bluetooth tidak terlalu cepat. Maka dari itulah lebih pas untuk mengirim satu berkas foto, dokumen, atau file berukuran kecil yang lain.

3. Mengirim File Langsung dengan Berbagi Google Drive

Ini merupakan cara yang memanfaatkan penyimpanan cloud (online). Sebagaimana kita tahu, Google Drive adalah salah satu produk dari Google untuk menyimpan berkas secara online. Ternyata, Anda dapat berbagi lebih cepat menggunakan cara ini.

  1. a) Masuk ke Google Drive;
  2. b) Klik folder baru, tentukan nama, dan buat;
  3. c) Klik kanan folder yang baru saja Anda buat, masuk menu bagikan;
  4. d) Pada pengaturan akses umum, ubah dibatasi menjadi siapa saja yang memiliki link;
  5. e) Salin link dan bagikan ke PC atau laptop.

Setelah folder bersama di Google Drive sudah terbuat, Anda tinggal mengunggah foto dan file lain dari HP ke folder tersebut. Secara otomatis, saat membuka link dari PC atau laptop, Anda tinggal mengunduh berkas yang ada di dalamnya.

4. Penyimpanan Cloud untuk Memindahkan File HP ke Laptop

Cara menggunakan penyimpanan cloud yang lain adalah iCloud, MiCloud, Samsung Cloud, atau penyimpanan dari masing-masing merek HP. Cara kerjanya sama dengan Google Drive dan Google Photo. Di mana Anda mengunggah ke penyimpanan cloud tersebut lewat HP, kemudian mengunduh file setelah membukanya di laptop.

Di laptop, Anda perlu login menggunakan akun yang sama dengan HP. Kekurangan cara ini adalah membutuhkan koneksi internet, baik dalam upload atau download. Tetapi cocok jika file yang ingin dikirim sudah tersinkronisasi lebih dulu.

5. Memindahkan Foto dari HP ke Laptop Sekaligus dengan Kabel Data

Menggunakan kabel data adalah cara mengirim foto dari HP ke laptop yang tergolong konvensional. Namun, cara ini masih banyak sekali orang gunakan karena memiliki kecepatan yang kencang, fleksibel, tanpa internet, dan bisa mengirim banyak berkas sekaligus.

Ketika Anda menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data, akan muncul beberapa opsi, pilih transfer file. Guna memastikan HP terbaca dengan baik, pastikan driver USB di laptop sudah update dan mendukung proses transfer dengan merek HP tersebut.

Dari beberapa cara mengirim foto dari HP ke laptop di atas, mana yang paling sering Anda gunakan. Jika hanya berkirim file ukuran kecil, menggunakan bluetooth atau Google Drive bersama merupakan pilihan paling simpel.