Cek Nomor Rekening Penipu sebelum Melakukan Transaksi Online

9/12/23, 7:27 AM
Cek Nomor Rekening Penipu sebelum Melakukan Transaksi Online

Melakukan cek nomor rekening penipu penting sebelum transaksi secara online. Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi lantaran buyer terlalu percaya dengan seller. Padahal, sebelumnya antara keduanya tidak pernah bertemu langsung.

Oleh sebab itulah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan layanan cek rekening online. Layanan tersebut menggunakan basis data nomor rekening yang pernah dilaporkan sebagai penipuan online.

Jika saat mengecek nomor rekening tujuan terdapat laporan penipuan, alangkah bijak Anda membatalkan transaksi untuk keamanan. Kemudian, lakukan blokir rekening penipu melalui fitur yang tersedia.

Mengecek terlebih dulu sebelum transfer uang adalah tindakan preventif atau pencegahan. Ini juga merupakan cara menghindari penipuan online yang marak di zaman sekarang. APK Modis sangat mengimbau setiap orang teliti dalam bertransaksi secara online.

Cara Cek Nomor Rekening Penipu, E-Wallet, dan Nomor Telepon

Lebih lanjut lagi, buyer dapat pula melakukan pengecekan lebih mendalam. Bukan hanya nomor rekening saja, tetapi juga akun e-wallet dan nomor telepon. Semua laporan penipuan yang terbukti akan ditindaklanjuti oleh pihak berwajib nantinya.

Kabar baiknya, platform layanan untuk melakukan pengecekan nomor rekening, e-wallet, dan nomor telepon tersebut resmi dari Kominfo.

1. Cek Nomor Rekening Penipu

Berikut ini cara untuk melihat apakah nomor rekening tersebut penipu online atau bukan.

  1. a) Masuk ke laman resmi Cek Rekening dari Kominfo;
  2. b) Pilih jenis akun yang akan Anda cek: Bank;
  3. c) Tentukan nama bank, di platform ini menyediakan semua nama bank di seluruh Indonesia;
  4. d) Masukkan nomor rekening;
  5. e) Klik periksa.

Jika hasilnya menunjukkan nomor rekening sudah pernah dilaporkan sebagai penipuan online, lebih baik Anda membatalkan transaksi. Tetapi kalau datanya masih bersih dan hijau, kemungkinan seller jujur.

Meski tidak menutup kemungkinan kalau nomor rekening belum terindikasi sebagai penipu, ia tidak melakukan penipuan. Jadi, sebagai buyer online Anda harus senantiasa berhati-hati. Pastikan seller benar-benar merupakan orang terpercaya.

2. Cek Akun E-Wallet Penipu

Sedangkan untuk cek akun e-wallet seperti Ovo, Dana, GoPay, dan sebagainya apakah terindikasi penipuan online atau bukan, sebagai berikut ini.

  1. a) Masuk ke laman resmi Cek Rekening dari Kominfo;
  2. b) Bedanya di sini, pilih jenis akun yang akan Anda cek: E-Wallet;
  3. c) Tentukan nama e-wallet;
  4. d) Masukkan nomor e-wallet lengkap dengan prefix bank;
  5. e) klik periksa.

Layanan cek e-wallet penipu ini tergolong masih baru dari Kominfo. Sehingga mungkin data laporan masih belum banyak, namun sebagai tindakan preventif tetap sebaiknya Anda lakukan.

Sebagaimana cek nomor rekening penipu, hasilnya akan muncul dengan keterangan terindikasi penipuan online atau tidak. Walaupun tidak terindikasi penipu, Anda harus tetap waspada dalam transaksi online, apalagi kalau hasilnya pernah dilaporkan sebagai penipu.

3. Cek Nomor Telepon Penipu

Berikut ini adalah cara mengecek nomor telepon penipuan. Sama-sama penting untuk Anda lakukan, pasalnya dalam komunikasi pesan singkat menggunakan WhatsApp, telepon, atau saluran lain yang menggunakan nomor telepon.

  1. a) Masuk ke laman resmi Aduan Nomor dari Kominfo;
  2. b) Pilih cek nomor seluler;
  3. c) Masukkan nomor telepon yang ingin Anda cek dulu. Anda juga bisa melakukan pengecekan untuk nomor telepon luar negeri dengan mengganti kode negara;
  4. d) Jika nomor telepon yang Anda masukkan benar, nama operator di bawahnya akan terisi secara otomatis;
  5. e) Isi captcha untuk menunjukkan bahwa Anda bukan robot;
  6. f) Kemudian klik cek sekarang.

Setelah itu hasilnya akan muncul, nomor seluler ini belum pernah dilaporkan terkait tindak penipuan apapun atau pernah terindikasi penipuan tertentu.

Melakukan langkah pengecekan di atas sangat penting sebagai cara menghindari penipuan online. Anda dapat mengecek nomor telepon, akun e-wallet, dan nomor rekening sebelum transaksi online.

Bagaimana Jika Nomor Rekening dan E-Wallet Anda Terindikasi Penipu?

Sedangkan untuk Anda sebagai seller, entah bagaimana nomor rekening, e-wallet, atau nomor telepon Anda masuk dalam daftar blacklist penipuan di platform Cek Rekening dan Aduan Nomor. Maka, Anda dapat mengajukan sanggahan atau normalisasi ke agar keluar dari daftar penipuan.

Berikut ini cara mengajukan sanggahan atau normalisasi nomor rekening, e-wallet, atau nomor telepon yang sudah masuk daftar blacklist penipuan.

  1. a) Mengecek nomor rekening, e-wallet, atau nomor telepon sendiri melalui platform Cek Rekening atau Aduan Nomor terlebih dulu;
  2. b) Menghubungi kontak layanan konsultasi di platform pengecekan, yaitu: via telepon (0822 1010 1112) atau email di [email protected];
  3. c) Anda akan mendapatkan fasilitas Online Dispute Resolution (ODR) di platform, ini memungkinkan Anda berkomunikasi via chat dengan orang yang melaporkan nomor rekening Anda;
  4. d) Dalam proses ODR, admin Cek Rekening akan memandu berjalannya mediasi kurang lebih 15 menit.
  5. e) Jika ternyata laporan penipuan tentang Anda tidak terbukti benar, maka nomor rekening Anda akan mendapat normalisasi dan keluar dari daftar blacklist

Demikian cara cek nomor rekening penipu, nomor telepon, dan akun e-wallet yang sangat penting Anda lakukan. Ini demi menjaga keamanan dan kenyamanan ketika transaksi online.