Mudah! Cara Upgrade dan Mendapatkan eSIM Indosat

9/13/23, 8:02 AM
Mudah! Cara Upgrade dan Mendapatkan eSIM Indosat

Mendapatkan eSIM Indosat sekarang cukup mudah. Ini memungkinkan smartphone yang semula single SIM bisa berjalan dengan dual SIM misalnya, iPhone XR ke atas, Google Pixel, dan sebagainya. Maka dari itulah, eSIM dapat menjadi solusi untuk Anda yang bekerja dengan dual SIM.

Indosat merilis eSIM pada 8 Maret 2023 lalu dan sudah bisa diakses di seluruh gerai resmi. Lebih jauh lagi, pengguna bisa memperoleh eSIM secara online tanpa harus datang secara offline. Pada kesempatan kali ini, APK Modis akan memberikan gambaran bagaimana cara upgrade dan mendapatkannya.

Berdasarkan penjelasan resmi Indosat Care eSIM adalah teknologi yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses jaringan Indosat Ooredoo tanpa perlu memasukkan SIM fisik. Teknologi ini menyimpan konfigurasi nomor telepon yang terintegrasi dengan smartphone yang sudah dibekali dengan fitur eSIM.

Cara Mendapatkan eSIM Indosat Resmi

Meski begitu, aktivasi eSIM Indosat membutuhkan tindakan khusus di mana pelanggan harus terhubung dengan customer service, baik secara online maupun offline. Berikut ini cara beli eSIM Indosat secara resmi.

a) Ada dua cara yang bisa Anda pilih, mengunjungi gerai IM3 atau membeli eSIM melalui website;

b) Jika mengunjungi gerai offline, customer service akan membantu sampai eSIM aktif di HP Anda. Tetapi jika beli eSIM di website, lanjut ke langkah berikutnya;

c) Anda bisa memilih nomor telepon terlebih dulu, kemudian verifikasi data diri sesuai dengan NIK dan KK. Lalu, Anda akan memperoleh QR Code melalui email;

d) Pindai QR Code tersebut di HP yang sudah mempunyai fitur eSIM. Pastikan HP dalam keadaan terhubung ke internet, ya;

e) Jika dalam proses pemindaian QR Code tersebut berhasil, Anda sudah bisa menggunakan layanan Indosat sebagaimana SIM fisik pada umumnya. Umumnya, proses ini membutuhkan waktu kurang dari 1x24 jam.

Kalau ada kendala dalam proses registrasi dan aktivasi eSIM Indosat, sebaiknya menghubungi customer service melalui WhatsApp, aplikasi MyIM3, atau email.

Pada intinya, beli eSIM di website Indosat sama saja dengan beli kartu perdana secara online. Hanya saja, Anda tidak akan menerima SIM fisik sama sekali, sebab QR Code langsung dikirim melalui email Anda.

Cara Upgrade SIM Fisik ke eSIM Indosat

Kabar baiknya, Anda yang terlanjur memiliki SIM fisik dan ingin mendapatkan eSIM Indosat tanpa mengubah nomor bisa melakukan upgrade. Berikut ini cara upgrade eSIM Indosat dengan nomor yang sama di gerai.

a) Siapkan terlebih dulu persyaratan di antaranya: KTP, KK, dan alamat email aktif;

b) Datangi gerai resmi Indosat dan ambil nomor antrean;

c) Sampaikan tujuan ingin mengubah SIM fisik menjadi eSIM ke customer service;

d) Isi formulir sesuai dengan persyaratan yang sudah Anda bawa tadi;

e) Lunasi pembayaran, lalu scan QR Code eSIM baru di HP Anda.

Untuk migrasi eSIM Indosat memang harus datang langsung ke gerai. Hal ini belum Anda bisa lakukan secara online, kecuali Anda membeli eSIM baru dengan nomor yang baru.

Sudah Mendapatkan eSIM Indosat, Bagaimana Aktivasi di HP?

Setelah cara beli eSIM Indosat online di atas, bagaimana cara aktivasi ke HP Android dan iOS? Berikut ini caranya.

1. Aktivasi eSIM di Apple iOS

Sebelum melakukan aktivasi, pastikan HP Anda sudah mendukung fitur eSIM. Beberapa di antaranya adalah iPhone XR, XS, dan versi yang lebih baru. Kemudian, pastikan juga perangkat iPhone Anda dapat terhubung ke jaringan WiFi.

a) Buka aplikasi kamera untuk memindai QR Code, atau bisa juga scan QR Code jika dalam bentuk gambar;

b) Klik pemberitahuan paket seluler terdeteksi yang muncul setelah pemindaian;

c) Klik lanjutkan;

d) Pilih tambahkan paket seluler;

e) Masukkan kode unik dari operator Indosat yang dikirim bersamaan dengan QR Code tersebut, maka eSIM sudah aktif.

Di iOS juga mendukung transfer eSIM dari iPhone lama ke iPhone baru tanpa harus menghubungi operator seluler terlebih dulu. Bahkan, iPhone bisa melakukan migrasi otomatis dari SIM fisik ke eSIM, hanya jika hal tersebut didukung oleh operator.

2. Aktivasi eSIM di Android

Sedangkan di HP Android langkahnya sama dengan aktivasi eSIM di iPhone. Anda perlu scan QR Code dan mengikuti langkah-langkah berikutnya hingga jaringan muncul di HP.

Nah, setelah eSIM Indosat aktif, Anda bisa menggunakan semua fitur seperti membeli paket atau bahkan mengirim pulsa Indosat.

SIM elektronik mempunyai beberapa kelebihan di antaranya: dapat menggunakan banyak nomor sekaligus, tidak khawatir hilang, dan praktis. Tak khayal, banyak masyarakat memilih migrasi lantaran kebutuhan penggunaan.

Demikian penjelasan bagaimana mendapatkan eSIM Indosat, upgrade dari SIM fisik ke eSIM, dan cara aktivasinya di HP Anda. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan teknologi eSIM ini? Selain Indosat, ternyata ada beberapa operator seluler lain di Indonesia yang ada eSIM seperti Smartfren dan XL Axiata.