Penting! Cara Memulihkan dan Mengamankan Akun Instagram Terbaru

9/15/23, 8:33 AM
Penting! Cara Memulihkan dan Mengamankan Akun Instagram Terbaru

Mengamankan akun Instagram (IG) sangat penting mengingat ada banyak kasus hacking media sosial satu ini. Orang lain menggunakan akun kita, kemudian mengunggah sesuatu yang tidak baik. Hal itu tentu dapat berimbas pada mental pemilik akun.

Apalagi kalau akun IG milik Anda sebagai salah satu sumber penghasilan sebagai influencer. Jika kena peretasan, tentu juga mengakibatkan kerugian material.

Sayangnya, tidak semua akun sudah sudah terkena hack bisa Anda pulihkan, misalnya akun yang:

  1. Akun IG yang dihapus oleh pihak Instagram sendiri. Misalnya, karena akun itu melanggar kebijakan dan pedoman yang berlaku di media sosial ini, sehingga tidak bisa Anda pulihkan lagi.
  2. Akun yang sudah dihapus oleh pemiliknya lebih dari 30 hari sejak tanggal penghapusan. Jika Anda menghapus akun Instagram, Anda masih dapat login dan memulihkan. Namun kalau sudah lebih dari 30 hari, maka penghapusan itu bersifat permanen.
  3. Anda sudah tidak mempunyai akses ke email atau nomor telepon yang terdaftar pada akun IG tersebut. Verifikasi kepemilikan akun IG menggunakan salah satunya, antara email atau nomor telepon. Kalau sudah mempunyai akses ke masing-masing, ucapkan selamat tinggal untuk akun Anda.

Akun IG yang mempunyai banyak pengikut (followers) dan menjangkau khalayak luas, memiliki kesempatan sebagai media marketing yang powerful. Oleh sebab itulah, APK Modis akan membahas bagaimana memulihkan akun IG yang kena hack kecuali 3 hal di atas.

Mengamankan Akun Instagram yang Kena Hack

Mengalami kejanggalan atau hal yang aneh tentang aktivitas tidak Anda kenal, bisa menjadi salah satu ciri-ciri Instagram disadap. Pihak Instagram sendiri sudah menyediakan fitur laporan akun kena hack, yaitu melalui langkah berikut ini.

  1. Pertama, login ke akun Anda jika masih mungkin. Meski tidak login, Anda masih bisa mengakses halaman Instagram Hacked;
  2. Kemudian, akan tampil halaman minta dukungan Instagram. Pada halaman ini ada beberapa pilihan antara lain: akun saya diretas, saya lupa kata sandi, kode login, seseorang menggunakan identitas saya, akun saya nonaktif, dan lain sebagainya;
  3. Pada kasus mengamankan akun Instagram yang kena hack, Anda cukup centang pada bagian akun saya diretas, klik berikutnya;
  4. Selanjutnya, akan muncul halaman identifikasi akun Anda. Melalui halaman ini, masukkan nama pengguna, nomor telepon, atau alamat email (salah satu saja), klik berikutnya;
  5. Instagram akan mengirimkan kode login untuk mengembalikan akun Anda. Pakai kode atau tautan tersebut untuk masuk kembali ke akun.

Selain cara di atas, Anda bisa langsung menghubungi Help Center Instagram untuk melakukan banding. Cara ini jika akun Anda nonaktif karena kesalahan dari pihak Instagram.

Cara Mengamankan Akun Instagram untuk Antisipasi

Jika setelah menggunakan cara mengembalikan akun Instagram yang kena hack di atas sudah berhasil. Anda jangan langsung merasa aman, sebab perlu langkah pengamanan lebih tinggi untuk melindungi akun Anda.

Berikut ini cara agar Instagram tidak bisa dibuka orang lain dengan meningkatkan keamanan lebih maksimal.

1. Update Kata Sandi Berkala

Ubah kata sandi akun Instagram Anda secara berkala, misalnya 1 bulan sekali. Dengan catatan kata sandi tersebut mengandung minimal 6 karakter dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol khusus serta menghindari pengulangan kata.

Setelah mengganti kata sandi, akun Instagram yang semula login di perangkat lain secara otomatis akan logout. Hal ini membuat aman dari orang yang sedang menggunakan akun Anda.

2. Cabut Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang Anda pasang di smartphone, mungkin memiliki izin berlebihan. Seperti halnya izin mengakses nama pengguna dan kata sandi IG Anda. Anda dapat mencabut akses izin tersebut di halaman Accounts Manage Access.

3. Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Ini merupakan keamanan tambahan, klik garis tiga > pengaturan > Privasi dan Keamanan > Autentikasi dua faktor > edit. Instagram menyediakan 3 jenis autentikasi dua faktor, antara lain: aplikasi autentikasi, SMS, dan WhatsApp.

4. Menghindari Aplikasi dan Website Phising

Jangan sembarangan klik link yang Anda terima di DM, email, WhatsApp, atau SMS jika itu tidak berasal dari sumber resmi. Apalagi link yang Anda terima mengharuskan untuk memasukkan data pribadi yang merupakan bagian dari privasi Anda.

5. Mengecek Keamanan Email dan Nomor Telepon

Email dan nomor telepon media sosial Anda harus aktif. Jika salah satu ganti, misalnya Anda ganti nomor telepon, maka langsung ganti pula semua nomor telepon di media sosial. Hal serupa sebaiknya Anda lakukan untuk mBanking dan aplikasi penting lainnya.

6. Periksa Lebih Lanjut di Pusat Akun

Apakah Anda tahu, mengamankan akun Instagram bisa langsung dari Pusat Akun. Di sana, Anda akan melihat akun mana saja yang tertaut atau terhubung dengan akun Anda.

Langsung hapus akun yang terhubung jika itu bukan milik Anda. Itulah beberapa cara memulihkan sekaligus mengamankan akun Instagram terbaru tahun ini. Terus ikuti perkembangan teknologi, finance, dan hal penting menarik lainnya di APK Modis!