Cara Isi Saldo DANA Lengkap Lewat ShopeePay sampai Alfamart

9/18/23, 7:15 AM
Cara Isi Saldo DANA Lengkap Lewat ShopeePay sampai Alfamart

Ada banyak cara isi saldo DANA mulai dari ShopeePay, mBanking, ATM, sampai Alfamart. DANA merupakan salah satu aplikasi ewallet paling populer di Indonesia.

Namun, sebagaimana penggunaan aplikasi ewallet dan mbanking, setiap pengguna harus bijak. Agar tidak hanya menaikkan tingkat konsumtif baik dalam belanja, transaksi, maupun hal lainnya.

DANA di PlayStore sudah mendapat lebih dari 100 juta unduhan, mendapat 4,2 dari 5 bintang. Dalam praktiknya, pengguna bisa menggunakan DANA layaknya dompet digital untuk berbagai keperluan.

Entah untuk transfer, kebutuhan harian, membayar tagihan, hiburan, layanan pemerintah, keuangan, layanan seluler, transportasi, belanja, dan sebagainya. Semuanya bisa Anda lakukan menggunakan saldo DANA.

Bagaimana Cara Isi Saldo DANA?

Berbicara tentang cara isi saldo DANA, sebenarnya ada puluhan cara berdasarkan masing-masing jenis pembayaran yang Anda lakukan. Tetapi pada kesempatan kali ini, APK Modis akan menjabarkan langkah pengisian dengan metode paling populer dan umum.

1. Cara Isi Saldo DANA di Alfamart atau Alfamidi

Cara pertama adalah melalui gerai Alfamart atau Alfamidi. Menggunakan cara ini gratis, Anda bisa mengisi saldo tanpa biaya admin. Misalnya mengisi 100k, maka hanya membayar 100k itu saja. Merupakan cara yang mudah, cepat, dan terjangkau.

  1. Kunjungi gerai Alfamart, Alfamidi, DanDan, atau Lawson terdekat dari lokasi Anda. Hingga kini belum bisa mengisi saldo DANA di Indomaret;
  2. Katakan ke kasir mau mengisi saldo DANA, informasikan nomor telepon Anda;
  3. Sebutkan jumlah top up saldo yang Anda kehendaki, minimal 50k dan maksimal 1 juta.

Setelah itu Anda bisa langsung membayar sesuai dengan nominal pengisian. Perlu Anda catat, mengisi saldo DANA di Alfamart hanya bisa Anda lakukan sebanyak 3x di hari yang sama.

2. Isi Saldo DANA Lewat m-banking

Selanjutnya, DANA juga menyediakan metode pengisian saldo melalui m-banking dari semua jenis bank yang Anda gunakan. Mulai dari BCA, BRI, BNI, Mandiri, CIMB Niaga, Pertama, BTPN, Danamon, dan sebagainya.

  1. Buka aplikasi m-banking Anda;
  2. Ketahui lebih dulu kode transfer (masing-masing bank punya kode berbeda);
  3. Input nomor virtual berdasarkan kode transfer + nomor DANA Anda;
  4. Isi jumlah nominal pengisian;
  5. Konfirmasi dengan memasukkan PIN DANA.

M-banking BRI menyediakan menu khusus untuk mengisi ewallet, sehingga Anda tidak perlu repot memasukkan kode transfer tersebut. Namun, untuk bank lain seperti BCA membutuhkannya. Anda dapat mengisi saldo sesuai keinginan dengan maksimal 10 juta.

Keunggulan mengisi melalui m-banking adalah nominal fleksibel. Jika di Alfamart atau Alfamidi dengan kelipatan 50k, di m-banking bisa dengan minimal 10k dan kelipatan sesuka hati.

3. Cara Isi Saldo DANA Lewat ShopeePay

Banyak yang tidak tahu bahwa Anda dapat melakukan transfer dari ShopeePay ke DANA. Caranya adalah dengan menggunakan virtual code bank, langsung bisa Anda transfer dan masuk ke saldo DANA, berikut detail langkahnya.

  1. Buka terlebih dulu aplikasi DANA, pilih isi saldo;
  2. Pilih opsi bank, misalnya menggunakan Permata, nanti akan muncul virtual code di layar. Biarkan terlebih dulu kode tersebut;
  3. Lanjut buka Shopee, klik ShopeePay, pilih transfer ke bank;
  4. Pilih bank yang sama dengan pilihan di DANA, yaitu Permata;
  5. Tempel virtual code yang tadi muncul;
  6. Masukkan nominal yang ingin Anda transfer;
  7. Kirim dengan memasukkan PIN ShopeePay.

Setelah saldo ShopeePay terpotong, akan langsung masuk ke saldo DANA Anda. Minimal transfer dengan cara ini adalah 10k, serta terdapat biaya admin untuk melakukannya. Di sisi lain, Anda juga mesti sudah menggunakan DANA Premium dan ShopeePay Plus.

Mengapa Saldo DANA Tidak Masuk setelah Pengisian?

Setelah melakukan top up DANA tetap saldo tidak bertambah, sebaiknya jangan langsung panik. Anda bisa memastikan beberapa hal berikut ini terlebih dulu.

  1. Screenshot atau cetak bukti pengisian (topup), lihat nomor DANA pastikan sudah benar;
  2. Pastikan koneksi internet lancar dan stabil, jika menggunakan WiFi bisa beralih ke paket data;
  3. Akun DANA belum limit;
  4. Melakukan clear cache aplikasi DANA terlebih dulu, kemudian membuka lagi menggunakan koneksi internet yang lebih baik;
  5. Melihat transaksi yang sedang berlangsung dan sudah terjadi di menu riwayat.

Namun, kalau semua hal di atas sudah Anda lakukan dan saldo tetap tidak bertambah. DANA menyarankan untuk menghubungi asisten virtual bernama DIANA. Masuk ke profil > Pusat Bantuan > Chat dengan DIANA di bagian paling bawah.

Meski masalah saldo tidak masuk jarang terjadi, penting untuk mengetahui bagaimana mengatasinya. Itulah beberapa cara isi saldo DANA paling populer dan mudah. Yaitu menggunakan transfer bank (m-banking), ShopeePay, dan Alfamart.