Contoh Blog Afiliasi untuk Raih Cuan Tanpa Adsense

12/7/23, 8:19 PM
Contoh Blog Afiliasi untuk Raih Cuan Tanpa Adsense

Contoh blog afiliasi adalah salah satu metode pemasaran selain menggunakan media sosial. Kita tentunya tahu ada beberapa metode penyebaran tautan afiliasi. Nah, menggunakan blog atau website adalah salah satunya.

Biasanya, orang yang melakukan afiliasi (afiliator), menyebarkan tautan produk di platform itu sendiri. Misalnya, Shopee Affiliate marketing di Shopee Live. Sebenarnya Anda dapat menyebarkan tautan tersebut di semua jaringan yang tersedia.

Mengingat di zaman sekarang, ada banyak sekali produk afiliasi. Termasuk produk barang, produk digital, hingga afiliasi jasa baik di dalam dan luar negeri.

Contoh Blog Afiliasi sebagai Perluasan Strategi Marketing

Affiliate marketing gampangnya adalah kita membantu memasarkan produk (barang maupun jasa) hingga terjadi pembelian. Atas jasa kita memasarkan produk tersebut, kita mendapatkan komisi. Nah, komisi inilah yang merupakan penghasilan utama Anda dari affiliate program.

Contoh afiliasi yang paling populer adalah Shopee Affiliate Program. Menjadi platform marketplace yang terkenal, Shopee membuka kesempatan untuk siapa saja menjadi panjangan tangan penjualan produk seller di dalamnya.

Tentunya, Anda dapat mencari produk afiliasi dari platform lain untuk meningkatkan estimasi komisi. Apalagi Anda sudah memiliki jaringan yang baik, seperti media sosial dengan jangkauan luas maupun blog/website.

Jika media sosial entah itu Facebook, Instagram, WhatsApp, Youtube, Tiktok, dan Twitter sudah sangat umum sebagai tempat menyebarkan link afiliasi. Pada kesempatan ini, APK Modis akan membahas tempat yang jarang dibicarakan padahal sangat potensial, yaitu blog atau website.

Contoh Blog Afiliasi dalam Maupun Luar Negeri

Penting Anda pahami di awal, menggunakan blog atau website sebagai sarana afiliasi terdapat beberapa jenis. Meliputi blog atau website rekomendasi produk, perbandingan harga, dan tema/template marketplace yang mengarah ke tautan afiliasi.

Melihat apa saja contoh blog untuk afiliasi, memberikan pandangan dan referensi untuk Anda yang ingin menjajal masuk sektor bisnis ini.

1. Mybest Indonesia, Blog Afiliasi Rekomendasi Produk

Mybest Indonesia
Mybest Indonesia

Mybest adalah website rekomendasi yang berdiri di Tokyo sejak Oktober 2016 silam. Mereka memberikan rekomendasi beberapa produk secara lengkap dan detail. Tidak hanya itu saja, setiap rekomendasi sudah melalui proses penilaian dari pakar masing-masing.

Ah, Cuma rekomendasi saja, saya juga bisa. Tidak semudah itu, dalam perjalanan panjang sejak 2016, Mybest memiliki keuletan dan kegigihan yang luar biasa. Hingga saat ini, mereka sudah melakukan ekspansi ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

  1. Indonesia
  2. Jepang
  3. Thailand
  4. Tiongkok
  5. Inggris (UK)
  6. India
  7. Brazil
  8. Vietnam
  9. Amerika (US)
  10. Filipina

Semua cabang Mybest berjalan di ranah yang sama, memberi produk rekomendasi. Sedangkan tempat afiliasinya, mereka ternyata memiliki cara khusus dengan mempertimbangkan marketplace yang populer di negara tersebut.

Ingin memiliki blog sendiri sebagai sarana afiliasi seperti Mybest? Anda perlu hal yang unik, konsisten super tinggi, dan pakar untuk menjamin rekomendasinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Anda juga butuh optimasi SEO on page, SEO off page, SEO technical, branding, dan banyak proses panjang lainnya.

Prosesnya memang melelahkan, namun itu bukan berarti tidak mungkin. Setiap apa yang Anda usahakan, tetap memberikan hasil dan manfaat!

2. iPrice, Contoh Blog Afiliasi Perbandingan Harga

iPrice
iPrice

Contoh berikutnya ada iPrice, yang merupakan website perbandingan harga (comparison site) dari beberapa marketplace populer sekaligus. Tidak tanggung-tanggung, mereka menggunakan jargon situs perbandingan harga terbesar di Indonesia.

Sama seperti halnya Mybest, iPrice Group sebenarnya merupakan website luar negeri yang berbasis di Malaysia pada 2014 lalu. Mereka kemudian melebarkan sayap ke negara lain, di antaranya Indonesia, Vietnam, Singapura, Hongkong, Filipina, dan Thailand. Fokus iPrice hingga saat ini masih berada di kawasan Asia.

Apakah hanya membandingkan harga saja? Tentu saja tidak, sebab situs ini juga memberikan kupon kepada para konsumen yang menggunakan kode afiliasi mereka. Kupon adalah salah satu daya tarik agar konsumen membeli produk berdasarkan rekomendasi situs.

Mybest dan iPrice adalah dua contoh nyata, bahwa membangun website besar tidak bisa instan. Berdasrakan data dari Statshow, Mybest Indonesia memiliki kunjungan lebih dari 95.000 user per hari. Sedangkan iPrice lebih dari 25.000 user per hari.

3. Blog Pribadi, Afiliasi Paling Fleksibel

Blog pribadi yang dimiliki oleh perorangan (tanpa tim), sebenarnya memiliki kelebihan dalam hal fleksibilitas. Anda dapat menggunakan tema/template khusus marketplace, mengisi dengan konten ulasan produk, memberi rekomendasi produk terbaik, atau hal lainnya secara bebas.

Program afiliasi tidak hanya ada di Shopee, untuk afiliasi marketplace ada juga Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, Aliexpress, Zalora, JD ID, hingga Amazon. Untuk afiliasi travel (wisata) ada Pegipegi, Tiket, Traveloka, Agoda, Booking, dan OYO.

Sedangkan program afiliasi aplikasi ada Bibit, Pluang, Shopback, Ruparupa, dan sebagainya. Untuk program afiliasi domain dan hosting ada Niagahoster, Domainesia, Rumahweb, dan masih banyak lainnya.

Pada intinya, menemukan dan cara memilih produk afiliasi yang menawarkan komisi lumayan tinggi itu mudah. Bagian tersulit adalah konsisten, baik itu memasarkan via media sosial maupun website/blog.

Jika Anda tertarik, pelajari bagaimana contoh blog afiliasi itu membangun kerajaannya. Bahkan, Anda dapat memperoleh komisi besar dari website/blog tanpa perlu memasang iklan seperti Google Adsense, Adsterra, atau MGID. Yang mana adanya banyak iklan justru mengurangi user experience pengunjung blog Anda.