8 Rekomendasi Konsol Game Portable untuk Killing Time

12/8/23, 11:36 AM
8 Rekomendasi Konsol Game Portable untuk Killing Time

Eksistensi konsol game portable semakin meningkat di tengah gempuran zaman yang serba praktis. Adanya inovasi game console yang bisa Anda bawa ke mana-mana, ini tentunya memberi kemudahan dan fleksibilitas sekaligus mempertahankan pengalaman bermain terbaik.

Perlu Anda pahami bahwa setiap konsol travel memiliki jenisnya masing-masing. Meliputi konsol game pada umumnya, konsol game Android, hingga konsol game Windows. Konsol secara umum berisi game eksklusif seperti pada PlayStation atau Nintendo.

Konsol Android memungkinkan Anda memainkan game Android dari PlayStore. Sedangkan konsol Windows, tentunya bisa untuk memainkan game PC seperti Valorant, Apex Legends, CS GO, Fortnite, GTA 5, dan lain sebagainya dengan beberapa pengaturan controller.

Rekomendasi Konsol Game Portable Paling Populer

Rumor tentang kemunculan home console PlayStation 6, game baru GTA 6, dan VR game console adalah inovasi teknologi masa depan game. Pada kesempatan kali ini, APK Modis memberikan rekomendasi konsol portable yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Nintendo Switch, Konsol Hybrid Portable

Nintendo Switch adalah konsol hybrid, ia bisa berperan sebagai home console maupun handheld console. Anda perlu menghubungkan Switch ke monitor untuk menjadikannya sebagai home console seperti PlayStation 5. Tetapi dapat juga Anda bawa bepergian karena ini bisa menjadi konsol portable yang sangat ringan.

Usia konsol ini mendekati 7 tahun, dan isunya akan digantikan oleh generasi baru Nintendo Switch 2.

2. Steam Deck, Bisa Main Game PC

Steam Deck adalah konsol game portable yang bisa memainkan game PC dengan lancar. Meskipun sistem operasi (OS) Steam Deck berbasis pada Linux dengan beberapa custom. Valve memberi nama OS tersebut sebagai SteamOS.

Sayangnya, untuk mendapatkan konsol ini di Indonesia tidak mudah-mudah amat. Melalui website resminya, Steam Deck hanya dijual di Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Hongkong saja.

3. PlayStation Portable (PSP), Konsol Jadul Masih Layak

PSP adalah konsol game murah saat ini karena sudah rilis sejak 2004 silam. Pada 2024, usianya telah mencapai 2 dekade, namun untuk kebutuhan menghabiskan waktu atau killing time, tidak ada salahnya memilih konsol jadul ini. Performa dan game klasik masih layak di PSP, Anda dapat bermain dengan lancar tanpa kendala.

4. Asus ROG Ally, Handheld Gaming PC

Konsol untuk killing time terbaik dari Asus yang bisa Anda bawa ke mana-mana, ROG Ally menggunakan basis sistem operasi Windows 11. Anda dapat memilih varian penyimpanan dan prosesor utama perangkat ini. Ada varian yang pakai Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme, serta penyimpanan sampai 500 GB dengan RAM 16 GB.

ROG Ally menjadi pilihan paling aman jika Anda ingin bermain game PC. Harganya yang kurang aman, masih tergolong tinggi di angka 11 jutaan.

5. Lenovo Legion GO, Saingan ROG Ally dan Steam Deck

Legion GO menjadi saingan untuk ROG Ally dan Steam Deck. Antara Legion GO dan ROG Ally sama-sama menggunakan AMD Ryzen Z1, namun Steam Deck menggunakan AMD Ryzen Z2. Konsol ini juga berbasis pada OS Windows 11, dan kabar baiknya sudah dijual resmi di Indonesia.

Kalau Anda ingin versi Android, bisa memilih Lenovo Legion Gaming Phone mereka. Cocok untuk live streaming sambil main game sekaligus.

6. Xiaomi Black Shark, Konsol Android Portable

Sebenarnya, smartphone gaming bisa menjadi rekomendasi konsol game portable terbaik. Misalnya Xiaomi Black Shark, tipe khusus dari Xiaomi yang dikhususkan untuk bermain game. Bagaimana tidak, smartphone ini sudah memiliki tombol L1R1, aksesoris gaming pendukung, serta dukungan komunitas yang baik.

7. Asus ROG Phone, Smartphone dan Konsol Sekaligus

Alternatif lainnya adalah konsol game Android ROG Phone. Performa bandel untuk memainkan semua game di daftar PlayStore Anda tanpa terkecuali. Anda dapat menambahkan joystick atau controller supaya mendapatkan pengalaman bermain lebih baik. Seperti controller Gamesir X2 yang kompatibel untuk semua smartphone.

8. Ayaneo 2S, Konsol Game Windows

Rekomendasi berikutnya memiliki OS Windows, namun di Indonesia masih cukup jarang. Ia adalah produk dari Ayaneo, Anda bisa memilih Ayaneo 2S atau Ayaneo Air (konsol Windows ringan). Spesifikasi antara keduanya memang lebih unggul tipe 2S, namun tipe Air punya bobot sekitar 400 gram saja.

Dalam memilih konsol game portable terbaik, sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Termasuk referensi ingin memainkan game apa, apakah game konsol, Android, atau PC. Kemudian memilih rekomendasi terbaik dengan budget yang pas.

RINGKASAN

1. Nintendo Switch Hybrid, bisa jadi home console dan handheld console
2. Steam Deck SteamOS, bisa untuk main game Windows (PC)
3. PlayStation Portable (PSP) Konsol jadul yang masih layak untuk killing time
4. Asus ROG Ally Konsol Windows paling mutakhir dari Asus
5. Lenovo Legion GO Konsol Windows saingan ROG Ally, sama-sama pakai AMD Ryzen Z1
6. Xiaomi Black Shark Smartphone yang juga bisa berperan sebagai konsol game
7. Asus ROG Phone Alternatif lain smartphone yang juga bisa berperan sebagai konsol game
8. Ayaneo 2S/Air Konsol Windows dengan harga lebih terjangkau namun kurang populer di Indonesia

Itulah daftar rekomendasi konsol game portable yang paling populer hingga saat ini. VR game console tampaknya juga akan meramaikan masa depan game mendatang. Seperti Meta Oculus Quest 2, PlayStation VR, atau Valve Index.