Perbandingan Laptop Windows, Macbook, Chromebook, Tablet Android, dan iPad

12/9/23, 9:04 AM
Perbandingan Laptop Windows, Macbook, Chromebook, Tablet Android, dan iPad

Terdapat perbedaan dan perbandingan laptop Windows, Macbook, Chromebook, dan tablet untuk kebutuhan Anda. Pada dasarnya, semua perangkat tersebut memiliki fungsi untuk membantu pekerjaan. Oleh karena itu, jika Anda sudah merasa nyaman dan cukup menggunakan salah satunya, itu sudah bagus.

Perbedaan paling mendasar antara perangkat di atas adalah sistem operasi yang digunakan. Laptop Windows menggunakan OS Microsoft Windows, Macbook pakai MacOS, Chromebook pakai ChromeOS, sedangkan tablet ada yang pakai Android, Windows, dan iOS.

Mengapa APK Modis memasukkan tablet pada perbandingan ini? Sebab di zaman sekarang, tablet juga dapat diandalkan untuk menunjang kebutuhan pekerjaan. Seperti halnya pekerjaan untuk freelancer, content creator, photo & video editor, dan sebagainya.

Perbandingan Laptop Windows, Macbook, dan Chromebook untuk Kerja

Seringkali seseorang merasa bimbang sebelum menentukan ingin menggunakan perangkat apa untuk kerja. Pertimbangan dan perbandingan yang matang berguna agar nantinya tidak menyesal. Berikut ini komparasi sederhana dari kegunaan masing-masing perangkat laptop.

Perbandingan Laptop Windows dan Chromebook

1. Windows

Laptop Windows adalah yang paling umum dan populer. Sistem operasi ini digunakan sekitar 87,56% populasi manusia di seluruh dunia. Disusul oleh MacOS sekitar 9,54%, Linux 2,35%, dan sisanya ChromeOS sekitar 0,41%.

Menjadi sistem operasi yang mendunia, nyaris semua urusan pekerjaan dan dukungan aplikasi tersedia di laptop ini. Meski begitu, jenis laptop Windows di pasaran ada banyak sekali. Ini menjadi tantangan tersendiri dalam memilih yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Macbook

Laptop Macbook menggunakan MacOS, yang mana dianggap lebih aman dan tahan serangan virus. Desain Macbook sendiri menurut pendapat forum publik lebih elegan, ringan, dan tipis (walaupun laptop Windows juga banyak yang punya desain seperti ini).

Sebagaimana iPhone yang pakai iOS, beberapa aplikasi umum perlu bayar. Ambil saja contoh Office 365 untuk Macbook. Sistem keamanan yang kuat dan tahan virus justru bisa menjadi boomerang untuk Anda karena niscaya tidak bisa pakai aplikasi bajakan.

3. Chromebook

ChromeOS di Chromebook memiliki keunggulan yang tampak jelas bahwa, ini adalah laptop dengan OS sangat ringan yang dikhususkan untuk menggunakan browser Google Chrome. Perbandingan laptop Windows dengan ini yaitu Chromebook bisa menggunakan aplikasi di PlayStore.

Terkait dari sisi harga, Chromebook jauh lebih terjangkau. Ia tidak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menjalankan Google Chrome dengan amat lancar. Untuk kebutuhan spesifik seperti office, Anda perlu menggunakan produk Google seperti Google Docs, Google Spreadsheet, Google Drive, dan sebagainya.

Perbandingan Laptop Windows dan Tablet (Android/iOS) untuk Kerja

Kita perlu memasukkan tablet baik itu Android maupun iOS dalam perbandingan ini. Sebab melihat kenyataan sekarang, tablet seperti Xiaomi Pad, Samsung Tab, Huawei Matepad, iPad, hingga Advan Tab memiliki jaringan komunitas media sosial yang cukup besar.

Perbandingan Laptop Windows dan Tablet untuk Kerja

Huawei Matepad sudah melihat potensi tablet sebagai penunjang bahkan perangkat utama untuk kerja. Di mana pihak Huawei memberikan software PC-Level Productivity berupa WPS Office layaknya PC. Namun untuk tablet lainnya, Anda perlu berkompensasi dengan penggunaan WPS Office biasa, Office Mobile, Google Dokumen, Office 356 berbayar, atau software office lainnya di toko aplikasi.

Hal terpenting dalam memilih tablet untuk kerja adalah apa pekerjaan Anda. Pekerjaan yang berkaitan dengan office, editing visual, kontrol penjualan, atau yang lainnya. Menyesuaikan penggunaan tablet dengan pekerjaan Anda sangat penting.

Sedangkan untuk kelebihan tablet daripada Windows, tentu saja ini lebih ringan dan ringkas. Tablet layaknya smartphone dengan ukuran layar lebih besar. Mendukung penggunaan keyboard, mouse, dan stylus eksternal. Jika pekerjaan Anda bisa diselesaikan atau didukung dengan perangkat ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan tablet untuk kerja.

Ringkasan Perbandingan Laptop Windows, Macbook, Chromebook, dan Tablet untuk Kerja

Nah, secara keseluruhan kami akan menekankan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan atau pekerjaan. Setiap perangkat laptop dengan basis OS yang berbeda, punya fungsi dan kelebihan sendiri. Contohnya, untuk gaming sudah pasti laptop Windows atau tablet. Untuk produktivitas semuanya bisa. Sedangkan untuk hiburan, tampaknya tablet lebih unggul dari segi efisiensi layaknya smartphone besar.

Simak ringkasan semua perangkat di atas dalam tabel berikut.

Laptop Windows
  1. Merupakan perangkat dengan sistem operasi paling populer di dunia
  2. Kompatibel dengan nyaris semua aplikasi desktop secara keseluruhan
  3. Terdapat berbagai jenis dan tipe dari masing-masing brand ternama
  4. Cocok untuk semua kebutuhan, baik itu pekerjaan, hiburan, maupun lainnya
  5. Rentan terkena virus dan software bajakan
Macbook
  1. Desain elegan dan modern, namun harga relatif lebih mahal
  2. Sistem keamanan kuat, tahan virus dan software bajakan
  3. Cocok untuk Anda yang sudah terbiasa dengan ekosistem Apple
  4. Beberapa aplikasi bersifat premium, sehingga membutuhkan biaya langganan
  5. Performa ngebut layaknya iPhone dan iPad
Chromebook
  1. Harga Jauh lebih terjangkau daripada laptop Windows maupun Macbook
  2. Performa ngebut meski spesifikasi perangkat keras rendah
  3. Cocok untuk kebutuhan yang berkaitan dengan Google Chrome, Google PlayStore, dan produk Google lainnya
  4. Kurang kompatibel dengan aplikasi Windows (perlu trik khusus agar bisa menjalankan aplikasi tersebut di Chromebook)
  5. Umumnya menggunakan jenis notebook dengan ukuran layar di bawah 13 inci
Tablet Android
  1. Lebih ringan dan ringkas daripada laptop umumnya
  2. Mendukung penggunaan keyboard case, mouse wireless, dan stylus pen
  3. Mendukung semua aplikasi di PlayStore, ini adalah smartphone dengan layar lebih lebar
  4. Beberapa jenis khusus, seperti Huawei Matepad mendukung aplikasi WPS PC-Level, ini dianggap meningkatkan produktivitas
  5. Cocok untuk mendukung pekerjaan di komputer atau laptop, hiburan, atau media sosial
Tablet iOS (iPad)
  1. Desain elegan dan modern, namun harga relatif lebih mahal
  2. Cocok untuk Anda yang sudah terbiasa dengan ekosistem Apple
  3. Beberapa aplikasi bersifat premium, sehingga membutuhkan biaya langganan
  4. Mendukung semua aplikasi di AppStore
  5. Cocok untuk mendukung pekerjaan di komputer atau laptop, hiburan, atau media sosial

Itulah penjelasan perbandingan laptop Windows, Macbook, Chromebook, dan tablet (Android/iOS). Anda dapat menilai sendiri apakah menggunakan laptop atau chromebook, tablet Android atau iPad, atau perangkat lain sesuai dengan kebutuhan.