Apa Itu AI dan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

7/14/23, 2:25 PM
Apa Itu AI dan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

Teknologi yang semakin berkembang setiap harinya membuat manusia semakin terbantu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Terlebih, belum lama ini masyarakat dibuat terkejut dengan munculnya beberapa contoh Artificial Intelligence yang tanpa dasar menciptakan kemudahan guna melakukan berbagai hal.

Untuk itu, Anda harus mengetahui pengertian Artificial Intelligence dan beberapa fungsinya dalam platform yang dipakai setiap hari. Apalagi, tampaknya teknologi AI sudah menjamur sebab kecakapannya untuk membantu aktivitas. Lalu, apa yang perlu Anda ketahui mengenai Artificial Intelligence dan contoh teknologi AI untuk kehidupan sehari-hari? Mari, lihat manfaat teknologi AI di bawah ini.

Apa Itu Artificial Intelligence (AI)?

Artificial Intelligence atau AI merupakan teknologi yang ada di dalam bidang ilmu komputer. Teknologi tersebut mempunyai kemampuan khusus, sehingga bisa memecahkan masalah. Dengan kecerdasan yang digadang-gadang bisa menyaingi kemampuan kognitif manusia. Teknologi yang satu ini ternyata AI bisa membantu berbagai pekerjaan manusia, baik yang mudah hingga sulit sekalipun.

Contoh AI di Keseharian

1. Asisten Virtual

Asisten virtual adalah salah satu contoh teknologi AI pertama yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Layaknya peranan asisten biasanya, teknologi ini bisa membantu berbagai pekerjaan manusia seperti mengatur jadwal meeting, mencari informasi, membacakan email, hingga mengingatkan beberapa acara penting yang perlu Anda hadiri.

ChatGPT adalah contoh bagian dari AI berbentuk asisten virtual. Perlu Anda ketahui jika teknologi ini bisa membantu banyak pekerjaan seperti, brainstorming ide, mengumpulkan informasi dan membantu membuat konten teks. Tak heran, apabila AI diandalkan banyak orang sebab berbagai manfaat yang diberikan.

2. Media Sosial

Tak disangka jika ada sebuah platform yang ikut memanfaatkan teknologi AI dan sudah dipakai setiap hari oleh masyarakat. Nyatanya, media sosial menjadi contoh AI yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti Instagram dan Facebook. Keduanya memakai teknologi AI guna mengenali dan memahami interest para penggunanya. Sehingga konten yang diberikan bisa sesuai seperti minat para pengguna.

Selain itu, ternyata Twitter pun memakai teknologi AI guna mendeteksi tweet yang mengandung ujaran kebencian. Pada beberapa media sosial tersebut, AI bertugas mengumpulkan seluruh data para pengguna. Nantinya, konten-konten yang akan ditampilkan dalam akun pengguna akan sesuai seperti minat dan kebutuhan para pengguna.

3. Search Engine

Contoh teknologi AI selanjutnya yaitu fitur search engine atau mesin pencarian. Teknologi ini menjadi contoh dari Artificial Intelligence yang banyak Anda gunakan setiap hari. Hadirnya fitur ini, membuat Anda bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan dan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

Saat sedang browsing pada browser maupun beberapa platform lain, umumnya mesin pencarian akan memberikan saran topik untuk pengguna. Saran kalimat pencarian yang paling relevan bisa menghemat waktu dan menciptakan kenyamanan untuk mencari informasi.

4. Aplikasi Streaming Film dan Musik

Apakah Anda adalah orang yang senang menonton film hits terkini pada platform streaming film, seperti Netflix, Vidio dan Disney+ Hotstar? Atau Anda juga sering mendengarkan musik di platform streaming musik seperti Apple Music, JOOX dan Spotify?

Siapa sangka jika kedua jenis platform streaming tersebut adalah contoh teknologi AI yang sering Anda gunakan dalam aktivitas harian. Misalnya saat sedang mengakses layanan streaming musik, platform tersebut menyediakan beberapa rekomendasi lagu-lagi dengan genre musik kesukaan Anda.

Hal tersebut adalah hasil dari teknologi AI yang mempelajari kebiasaan pengguna saat mendengarkan sejumlah lagu tertentu sehingga bisa merekomendasikan lagu yang sesuai minat Anda.

Sekarang Anda menjadi tahu lebih dalam mengenai Artificial Teknologi (AI) dan contoh teknologi AI yang ada di kehidupan sehari-hari. Dari semua teknologi di atas, mana yang sudah pernah Anda coba gunakan?