Intip Teknologi yang Akan Booming Tahun 2023

7/14/23, 2:31 PM
Intip Teknologi yang Akan Booming Tahun 2023

Tentunya memasuki era digitalisasi akan memiliki pengaruh besar dalam seluruh aspek, terlebih di zaman sekarang dengan hadirnya tren teknologi terhadap digital marketing bisa mengubah sistem pemasaran menjadi jauh lebih baik lagi.

Pengertian tren teknologi adalah bagian dari salah satu perubahan sekarang yang sedang berlangsung dan bisa dipakai oleh banyak orang, apalagi oleh para pebisnis, serta adanya pengetahuan dan keahlian yang bisa diperkenalkan ke publik.

Sementara digital marketing merupakan strategi pemasaran yang memakai sosial media dan internet untuk tempat promosinya. Supaya lebih jelas lagi, berikut kita akan mengulas tentang tren teknologi yang berdampak pada digital marketing.

Dampak Tren Teknologi Terhadap Digital Marketing

Tren yang terjadi saat ini merupakan pengaruh dari semakin canggih dan majunya teknologi pun menjadikan digital marketing semakin berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, dapat dibilang sekarang merupakan fasenya tren teknologi digital.

Dengan berkembangnya teknologi yang pesat ini pastinya menjadikan para pengguna internet pun semakin banyak. Berdasarkan survei yang sudah dilakukan oleh Asosiasi Penggunaan Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa setiap tahunnya pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan.

Itulah mengapa tren mengenai teknologi ini mempunyai dampak yang sangat besar untuk perkembangan digital marketing saat ini.

Seperti yang kita ketahui jika e-commerce adalah penunjang besar pada pemasaran secara online, terlebih di awal pandemi dahulu tidak sedikit pelaku bisnis yang harus cepat belajar guna melakukan promosi, transaksi dan penawaran jual beli produk maupun jasa secara online.

Pastinya tren teknologi di masa depan bisa lebih canggih daripada sekarang. Tetapi, tahukah Anda bila perkembangan yang sekarang ini terjadi akibat tren teknologi yang semakin pesat bisa terjadi dampak yang akan hadir. Seperti saat ini dampak tren teknologi pada dunia digital marketing diantaranya yaitu:

1.Kecepatan Penyebaran

Sudah tidak perlu kita ragukan lagi jika media digital menjadi jalan untuk melakukan segala bentuk promosi. Ini menjadi salah satu bagian penting sebab strategi pemasaran yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Hanya dengan beberapa kali klik saja, Anda bisa memasarkan produk atau jasa yang dimiliki hingga ke seluruh negara di dunia.

2. Evaluasi yang Mudah

Dengan memakai media online guna melakukan berbagai promosi pastinya dengan mudah Anda dapat mengetahui produk atau jasa mana saja yang mempunyai banyak peminat. Tentu saja hal ini bisa dijalani dengan mudah karena adanya tren teknologi yang setiap harinya semakin canggih.

3.Jangkauan yang Luas

Promosi memakai media online, seperti platform digital yang ada sekarang ini bisa memudahkan Anda untuk terhubung langsung dengan konsumen atau calon konsumen yang berbeda kota, hingga pulau. Jangkauan yang luas ini pun bisa membantu bisnis Anda dikenali oleh banyak orang di negara sendiri hingga luar negeri.

4.Efektif dan Murah

Dengan memakai promosi secara online tentunya bukan hanya bisa mempermudah saja, tetapi juga efektif dan murah. Anda bisa melakukannya hanya dari rumah dengan bekal internet, smartphone atau laptop saja. Lalu, pemasaran online pun hanya membutuhkan sedikit biaya, berbeda dengan pemasaran menggunakan baliho, video elektronik dan sejenisnya.

5.Membantu Membangun Nama Bisnis

Eksistensi di dunia maya sudah pasti sangat besar, sehingga Anda dapat menunjukkan brand milik sendiri lewat sosial media. Dengan munculnya brand miliki Anda di publik pastinya akan ada banyak calon pelanggan yang tertarik untuk membelinya. Ini pastinya bisa sangat berpengaruh pada keuntungan bisnis Anda.

Nah, demikianlah ulasan mengenai tren teknologi yang berdampak terhadap digital marketing. Dengan adanya tren ini sebenarnya sangat membantu Anda yang mempunyai bisnis online. Untuk itu, Anda bisa perlu menerapkan tren teknologi ini agar bisnis yang dimiliki semakin maju dan berkembang.