Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan

7/16/23, 4:21 PM
Mengenal Uang Kuasi dalam Dunia Perbankan

Uang kuasi sebenarnya sudah tidak asing lagi dalam dunia perbankan. Biasanya digunakan oleh investor atau nasabah untuk menyimpan uang di lembaga keuangan. Hanya saja penggunaannya berbeda dengan mata uang rupiah biasa.

Hal ini yang membuat masyarakat masih awam dengan penggunaan istilah uang kuasi. Penggunaan uang kuasi hanya dapat digunakan dalam waktu tertentu saja seperti tabungan dan deposito berjangka.

Pengertian Uang Kuasi

Untuk menambah wawasan mengenai quasi money, Anda bisa simak beberapa pengertian quasi money berikut ini:

1. Pengertian Quasi Money Sesuai OJK

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK berpendapat bahwa quasi money merupakan sebuah kewajiban dari sistem moneter yang bentuknya berupa deposito berjangka. Selain itu, quasi money juga hadir dalam bentuk tabungan.

Tabungan tersebut memiliki mata uang rupiah dan saldo yang terdapat dalam rekening valuta asing adalah milik penduduk.

2. Pengertian Quasi Money Menurut Ilmu Ekonomi

Dalam dunia ekonomi, uang kuasi merupakan tanda kepemilikan aset yang bisa diuangkan dalam proses waktu yang cepat. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa quasi money dapat berupa tabungan atau deposito berjangka.

3. Pengertian Kuasi Menurut Definisi Operasional

Berdasarkan definisi operasional, kuasi merupakan uang yang tidak digunakan setiap waktu karena sistem pembayarannya terikat. Akan tetapi, uang ini milik sektor swasta domestik yang bisa menggunakannya sesuai dengan fungsi uang pada umumnya.

Fungsi Uang Kuasi dan Ciri-Cirinya

Adapun fungsi dari uang kuasi adalah sama dengan uang pada umumnya. Kuasi bisa menjadi alat pembayaran yang sah namun hanya untuk jenis transaksi tertentu saja. Jadi, kuasi tidak bisa digunakan untuk membayar setiap transaksi.

Hal ini karena kuasi memiliki keterikatan tersendiri sehingga fungsinya tidak bisa disamakan persis dengan uang rupiah. Adapun untuk ciri-ciri dari uang kuasi sebagai berikut:

  • Untuk mencairkan uang kuasi membutuhkan waktu yang lama dan sulit mendapatkan bunga
  • Dapat digunakan untuk aktivitas ekonomi tertentu
  • Bentuk aset yang tidak memiliki likuiditas sama seperti mata uang kertas rupiah

Jenis-Jenis Uang Kuasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa uang kuasi merupakan uang yang digunakan dalam kegiatan ekonomi tertentu. Bank Indonesia membagi uang kuasi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

1. Tabungan Dalam Valuta Asing

Tabungan valuta asing merupakan jenis simpanan berupa mata uang asing.

2. Deposito Berjangka

Selain itu ada juga jenis uang kuasi lain yaitu deposito berjangka yang merupakan simpanan deposit dan diterbitkan dalam kurun waktu tertentu mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18, dan 24 bulan. Anda hanya bisa mencairkan atau memindahkan uang deposito hanya ketika depositnya berakhir.

3. Tabungan

Jenis lain adalah tabungan yang bisa ditarik kapan saja, namun harus sesuai dengan persyaratan tertentu. Pengambilan tabungan dapat dilakukan lewat kantor bank, kartu debit, dan ATM.

4. Rekening Giro

Jenis lain adalah rekening giro yang merupakan simpanan bank dan penarikannya dilakukan setiap nasabah melakukan bilyet giro, menggunakan cek, dan sarana pembayaran lainnya. Kemudian nasabah bisa memindahbukukan rekening giro tersebut.

5. Deposito

Selain deposito berjangka ada juga deposito yang merupakan simpanan uang di bank. Jika penarikan deposito berjangka sesuai dengan kurun waktu tertentu, kalau deposito ini penarikannya sesuai dengan perjanjian dengan pihak bank.

Uang kuasi merupakan jenis uang yang memiliki fungsi sama dengan mata uang kertas namun bentuknya berbeda. Ada lima contoh kuasi yaitu giro, tabungan, deposito berjangka, deposito, dan valuta asing.